Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Darah Kental Agar Tidak Berakibat Fatal

Eduaksi | Sunday, 17 Apr 2022, 04:21 WIB

Menjaga pola makan sangat penting demi mengurangi berbagai resiko penyakit berbahaya dan bahkan menyerang tanpa pandang usia. Salah satu kondisi patut diwaspadai adalah Trombofila. Maka sebagai pengonsumsi makanan yang tidak boleh untuk penderita darah kental harus bijak dalam memilahnya.

Beberapa Jenis Makanan Tidak Boleh untuk Penderita Darah Kental

Jika sudah diketahui status sebagai penderita trombofilia. Maka perlu menjaga pola hidup sehat terutama pola makan dengan baik termasuk menghindari jenis kuliner yang dilarang. Lantas, apa saja makanan tersebut?

1. Makanan Tinggi Gula Rafinasi

Makanan tidak lepas dari menggunakan gula rafinasi sebagaimana merupakan gula bit atau gula tebu dengan bentuk kristal putih. Biasanya digunakan pada es krim, coklat, kue, permen dan sirup. Makanan tersebut menjadi pantangan bagi penderita darah kental apalagi dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Penderita darah kental sebaiknya mengatur konsumsi gula tersebut karena berpotensi memperburuk keadaan.

2. Makanan Bersantan dan Gorengan

Mengonsumsi santan atau gorengan berpotensi menaikkan kolesterol di dalam tubuh. Maka, akan menyebabkan darah semakin mengental dan sulit untuk dipompa oleh jantung. Penderita Antifosfolipid sebaiknya menghindari makanan berminyak seperti ini agar tidak menambah parah kondisi kesehatan.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan yang tidak boleh untuk penderita darah kental berikutnya adalah menyantap makanan cepat saji. Meskipun memberikan cita rasa nikmat dan tidak perlu repot-repot dalam penyajiannya, namun juga perlu diketahui ada masalah kesehatan mengintai seperti diabetes dan obesitas.

Khususnya bagi penderita darah kental untuk menjaga pola makannya dari mengonsumsi makanan siap saji tersebut.

BACA JUGA: Cara kerja sistem peredaran darah manusia

4. Makanan Mengandung MSG

Monosodium Glutamat pada umumnya digunakan sebagai penguat rasa makanan atau lebih familiar disebut penyedap rasa. Namun dibalik perannya memberikan rasa lezat, kandungan micin mempengaruhi kondisi kesehatan seperti sakit kepala, sakit pada dada dan memberikan rasa lemas.

Makanan mengandung Monosodium Glutamat secara ilmiah terbukti merusak kondisi retina mata bagi orang yang mengonsumsinya. Apalagi pada penderita darah kental hal ini akan berakibat fatal.

Kurang lebih itulah beberapa jenis makanan yang tidak boleh untuk penderita darah kental. Demi menghindari kondisi kesehatan yang semakin parah, sebaiknya fokus pada penyembuhan agar terhindar dari resiko serangan jantung, stroke dan diabetes.

Sumber: Jamkesehatan.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image