Sabtu 16 Apr 2022 20:33 WIB

Livescore; Tottenham Menyerah 0-1 dari Brighton di Kandang Sendiri

Leandro Trossard jadi pahlawan kemenangan tim tamu.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Brighton and Hove Albion Joel Veltman (kiri) dan pemain Tottenham Hotspur Harry Kane berebut bola dalam pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Sabtu (16/4/2022).
Foto: Nigel French/PA via AP
Pemain Brighton and Hove Albion Joel Veltman (kiri) dan pemain Tottenham Hotspur Harry Kane berebut bola dalam pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Sabtu (16/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tottenham Hotspur ditakluk 1-0 dari Brighton & Hove Albion dalam pertandingan Liga Inggris, di Stadion Tottenham, Sabtu (16/4/2022) malam WIB. Kekalahan ini membuat mereka terancam ditempet ketat tim peringkat kelima Arsenal jika menang atas Southampton.

Tottenham langsung bermain dengan tekanan tinggi sejak babak pertama dimulai. Tuan rumah memperoleh peluang ketika laga baru berlangsung satu menit lewat tembakan Harry Kane namun gagal berbuah gol.

Baca Juga

Brighton berani bermain terbuka sehingga mampu beberapa kali mengancam pertahanan The Lilywhite. Tembakan Enock Mwepu nyaris membawa Brighton unggul jika percobaannya tersebut tak diblok pemain Tottenham pada menit ke-22.

Brighton kembali mendapatkan peluang satu menit berselang lewat tembakan Marc Cucurella menyambut umpan silang Pasca Grob meski juga gagal. Rapatnya lini tengan Brighton membuat aliran bola Tottenham sering terpotong di depan kotak 16 belas. Mereka juga bagus dalam transisi menyerang dan bertahan.

Kane jarang mendapatkan aliran bola dari lini kedua karena menumpuknya pemain Brighton di area tersebut. Son Heung-min yang biasanya mudah menusuk ke jantung pertahana lawan kali ini mendapatkan presing ketat sehingga menyulitkan pemain internasional Korea tersebut memberikan assist kepada rekannya atau mengeksekusi sendiri.

Pada menit ke-38, Kane mendapatkan peluang membuka keunggulan ketika mndapatkan aliran bola lambung di area penalti Brighton. Tetapi pemain lawan denganc epat merebut bola dan menjauhkan dari area pertahanan. Skor berakhir imbang 0-0 hingga turun minum.

Brighton melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Mantan pemain Arsenal Danny Welbeck dimasukkan menggantikan  Enock Mwepu. Sementara Tottenhan tetap dengan formasi seperti babak pertama.

Brighton masih menggunakan strategi permainan yang sama yaitu mempressing ketat pemain Tottenham di babak kedua. Menumpuk pemain di sektor tengah membuat Tottenham sulit berkembang. Pada menit ke-59 Son mendapatkan peluang dari dalam kotak penalti.

Ia mendapatkan ruang bebas melakukan tembakan ke gawang namun bola mampu diblok pemain bertahan lawan. Memasuki 15 menit awal babak kedua, Brighton bermain menekan. Mereka mengeksploitasi pertahanan Tottenham dari sisi kiri. Beberapa peluang mereka ciptakan dari area ini.

Pada menit ke-74, Welbeck mendapatkan peluang dengan tembakan kaki kanannya. Namun Hugo Lloris mampu menangkapnya dengan sempurna. Gawang Lloris akhirnya jebol pada menit ke-90 melalui tembakan Leandro Trossard. Gol tersebut sekaligus gol penutup di laga ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement