Sabtu 16 Apr 2022 20:14 WIB

Kemenag Papua Dorong Umat Hindu dan Budha Bangun Pendidikan

Hal ini supaya tidak terjadi kecemburuan antargolongan agama.

Kerukunan antar Umat Beragama. (ilustrasi)
Foto: www.cathnewsindonesia.com
Kerukunan antar Umat Beragama. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYPURA -- Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Papua mendorong umat Hindu dan Budha membangun pendidikan di Bumi Cenderawasih tersebut. Kepala Kantor wilayah (Kakanwil) Kemenag Papua, Amsal Youwe, di Jayapura, Sabtu (16/4/2022), mengatakan pendidikan sangat penting dalam membangun negara, peradaban bangsa dan sumber daya manusia.

"Pendidikan juga merupakan aset besar guna mengisi pembangunan serta menjaga persatuan kesatuan bangsa dan melestarikan lingkungan hidup," katanya saat melaunching play grup dan Taman Kanak-kanak (TK) Nava Dhammasekha Numbay, di Jayapura.

Baca Juga

Menurutnya, pemerintah kini mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pendidikan yang meningkatkan keimanan nasional dan ketakwaan serta akhlak yang mulia guna mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diatur dalam undang-undang. 

"Itu merupakan salah satu tujuan negara dengan adanya program percepatan pembangunan bidang pendidikan terutama di kawasan timur Indonesia," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya mendorong dan memberikan arahan kepada umat beragama di Papua supaya tidak terjadi kecemburuan antargolongan agama.

"Maka Kakanwil memberikan dorongan untuk umat Hindu dan Buddha agar menyiapkan diri untuk pembangunan pendidikan," katanya lagi.

TK dan Play Group Dhammasekha Numbay yang baru berdiri merupakan lembaga pendidikan usia dini agama Budha yang pertama di Papua. "Sehingga kami berharap jenjang pendidikan selanjutnya yaitu pendidikan SD, SMP maupun SMA hingga perguruan tinggi dapat mengikutinya," ujarnya lagi.

Ia menambahkan, pihaknya memberi dukungan kepada semua lembaga keagamaan untuk pembangunan pendidikan yang berbasis keagamaan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement