Sabtu 16 Apr 2022 18:53 WIB

Damkar Depok Evakuasi Ular Sanca Kembang Berkeliaran di Rumah Warga

Hewan liar tersebut memiliki panjang kurang lebih lima meter.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Teguh Firmansyah
Ular sanca (ilustrasi).
Foto: Istimewa
Ular sanca (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengevakuasi seekor ular sanca kembang yang masuk ke rumah warga di RT 04 RW 05 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong. Hewan liar tersebut memiliki panjang kurang lebih lima meter.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, pihaknya mengerahkan dua unit armada dari Markas Komando (MAKO) dan Pos Merdeka dengan jumlah personel sebanyak enam orang. Laporan diterima pukul 04.33 WIB, ular berhasil dievakuasi pada pukul 05.00 WIB.

Baca Juga

"Tidak ada kendala dalam melakukan evakuasi ular tersebut," ujar Welman di Kantor Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Sabtu (16/4/2022).

Menurut Welman, pada Kamis (14/4) pihaknya juga berhasil mengevakuasi ular berjenis sanca berukuran tiga meter di Jembatan Serong RT 04 RW 02 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung. Saat ini hewan liar tersebut disimpan di kantor dan menunggu diadopsi oleh komunitas pecinta reptil.

"Untuk melakukan evakuasi, pihaknya menggunakan sejumlah peralatan. Antara lain grab hook, grab stick, sarung tangan dan pelindung mata. Kepada warga apabila terdapat ular atau hewan liar di sekitar rumah dan lingkungan agar tidak diganggu,  apalagi mencoba menangkap. Karena itu akan membahayakan diri sendiri, sebab dibutuhkan keahlian khusus," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement