Bolehkah tidak Puasa karena Sedang Ujian Sekolah?

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Senin 18 Apr 2022 12:05 WIB

Bolehkah tidak Puasa karena Sedang Ujian Sekolah? Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER Bolehkah tidak Puasa karena Sedang Ujian Sekolah?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai mahasiswa atau siswa sekolah yang akan mengikuti ujian masuk akademi biasanya membutuhkan persiapan lebih baik mental maupun fisik. Apalagi jika ada beberapa ujian fisik yang perlu dilakukan. 

Namun, bagaimana jika ujian tersebut bertepatan dengan Ramadhan. Apakah siswa tersebut boleh tidak berpuasa Ramadhan karena khawatir ujian yang dia lakukan tidak maksimal.

Baca Juga

Melansir laman About Islam, seorang dosen dan penulis Muslim Arab Saudi terkemuka Syekh MS Al-Munajjid menjelaskan tidak dibolehkan membatalkan puasa karena alasan yang disebutkan diatas. Bahkan hukum membatalkan puasa tersebut adalah haram. 

Hal ini karena tidak termasuk alasan yang dibolehkan tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Sebagaimana yang disebutkan dalam Alquran, Al Baqarah ayat 185,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari yang ditinggalkannya pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.

Selain itu, perlu dicatat puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang bertanggung jawab, dan tidak ada yang dikecualikan dari puasa kecuali bagi mereka yang memiliki alasan yang sah, yang diberikan kelonggaran untuk tidak berpuasa, seperti orang sakit, musafir, ibu hamil dan menyusui, orang tua, dan orang yang terpaksa berbuka.

https://aboutislam.net/counseling/ask-the-scholar/fasting/can-skip-fasting-exam-days-ramadan/