Sabtu 16 Apr 2022 14:35 WIB

Pemkab Temanggung Perbaiki Jalur Alternatif Mudik

Pemkab Temanggung memperbaiki jalan yang akan menjadi jalur alternatif mudik.

Sejumlah polisi membawa poster saat kampanye larangan mudik di kawasan Terminal Madureso, Temanggung, Jawa Tengah. Pemkab Temanggung memperbaiki jalan yang akan menjadi jalur alternatif mudik.
Foto: ANIS EFIZUDIN/ANTARA
Sejumlah polisi membawa poster saat kampanye larangan mudik di kawasan Terminal Madureso, Temanggung, Jawa Tengah. Pemkab Temanggung memperbaiki jalan yang akan menjadi jalur alternatif mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, siap memperbaiki jalur alternatif untuk arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Kepala DPUPR Kabupaten Temanggung Hendi Wahyu Nurhidayat di Temanggung, Sabtu, mengatakan proses perbaikan bakal difokuskan pada jalan-jalan kabupaten karena sejumlah titik jalan kabupaten disinyalir menjadi akses alternatif para pemudik.

Baca Juga

"Pelaksanaan perbaikan jalan mulai pekan depan, kami akan benahi ruas-ruas jalan kabupaten sebagai jalur alternatif arus mudik maupun balik dengan berbagai metode, salah satunya penambalan jalan berlubang," katanya.

Ia menyebutkan sejumlah ruas jalan yang perlu diperbaiki, antara lain di jalur lingkar Geneng-Maron, Muntung-Jumo, dan beberapa titik lain yang kondisinya memang perlu diperbaiki.

Hendi menyebutkan pada tahun ini anggaran untuk pemeliharaan rutin jalan sekitar Rp 5 miliar. "Angggaran memang terbatas, andalan kami hanya Rp 5 miliar untuk perawatan aspal jalan selama satu tahun penuh, bukan khusus untuk persiapan arus mudik saja," katanya.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Temanggung Adi Wibowo menyampaikan, pada minggu ini tengah menyiapkan material dan alat berat untuk dikirim ke unit pelaksana teknis (UPT).

"Perbaikan jalan dilakukan serentak di semua UPT, minggu ini kami mobilisasi alat berat ke tiap UPT dan minggu depan mobilisasi material dan langsung pengerjaan," katanya.

Menurut dia perbaikan jalan juga dilakukan di ruas jalan menuju tempat wisata dan keramaian lain. Ia menuturkan perbaikan jalan ditarget sudah selesai pada H-7 Lebaran 2022.

"Khusus persiapan arus mudik ini, kami akan menggunakan material cepat saji seperti aspal dingin yang mudah diaplikasikan sekaligus proses pengerjaannya tidak membutuhkan waktu lama," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement