Senin 09 May 2022 00:42 WIB

Pastikan Kualitas Layanan Terjamin, Ini 7 Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat dan Terbaik

Kendaraan seperti motor memerlukan servis rutin untuk menghindari masalah. Untuk itu, perlu diketahui bengkel motor terdekat di Jakarta.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Pastikan Kualitas Layanan Terjamin, Ini 7 Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat dan Terbaik
Pastikan Kualitas Layanan Terjamin, Ini 7 Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat dan Terbaik

Beberapa bulan sekali atau saat menyentuh kilometer tertentu, setiap kendaraan wajib mendapatkan servis rutin di bengkel. Hal tersebut berlaku pada mobil maupun motor agar kondisinya tetap terjaga saat digunakan berkendara dan tak berisiko memicu masalah yang bisa mengundang mara bahaya. Meski begitu, jangan asal memilih bengkel untuk menyervis kendaraan. 

Pasalnya, pasti ada saja oknum bengkel yang menggunakan cara nakal untuk mencurangi konsumen dengan tujuan meraih untung lebih besar. Sebagai contoh, mungkin saja kamu akan diarahkan untuk membeli suku cadang padahal kondisi yang terdapat pada kendaraan masih bagus dan belum perlu diganti atau membeli produk  dengan harga lebih mahal.

Khususnya pada motor, risiko terjadinya hal seperti ini cukup tinggi terjadi. Karenanya, tak jarang pengendara motor yang sering beralih bengkel servis karena merasa layanannya kurang maksimal atau merugikan.

Padahal, lokasi bengkel motor tersebut dekat dari tempat tinggal sehingga bisa dikunjungi tanpa membuang banyak waktu dan bensin. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, Cermati telah merangkum 7 tips menentukan bengkel motor terdekat dan terbaik untuk menjaga performa kendaraan. Apa saja?

1. Pilih Bengkel yang Ramai Pengunjung dengan Jam Operasional yang Fleksibel

jam bengkel motor fleksibel

Waktu Kerja Bengkel Motor Fleksibel

Tips penting pertama yang perlu kamu ketahui saat memilih bengkel motor terdekat dan terbaik adalah memilih yang selalu ramai pengunjung atau konsumen. Pasalnya, hal itu bisa menjadi indikasi yang kuat bahwa bengkel tersebut telah dipercaya banyak orang dan kualitas kinerjanya terbilang bagus secara konsisten. 

Tidak kalah pentingnya, pastikan untuk mengetahui kapan jam operasional dari bengkel tersebut. Usahakan untuk memilih bengkel motor yang memiliki jam kerja fleksibel, termasuk yang tetap buka dan beroperasi di hari libur maupun akhir pekan. 

Mengapa hal ini perlu diperhatikan? Alasannya sederhana, kamu tak pernah tahu kapan motor akan membutuhkan servis secara mendadak. Dengan begitu, saat motor mengalami masalah di hari libur sekalipun, kamu tetap bisa menyervisnya di bengkel tersebut. 

Di sisi lain, sebagai orang dengan tingkat kesibukannya tinggi dan tak bisa meninggalkan pekerjaannya, hari libur atau waktu luang untuk melakukan servis motor mungkin jarang didapatkan. Oleh karena itu, karena memiliki jam operasional yang fleksibel, kamu tetap bisa menyervis kendaraan kapan pun dibutuhkan.  

2. Cek Kualitas Ruang Tunggu dan Beragam Fasilitas di Dalamnya

ruang tunggu bengkel motor

Ruang Tunggu Bengkel Motor

Hampir semua orang pasti setuju jika menunggu motor diservis di bengkel adalah salah satu hal yang membosankan dan memakan banyak waktu. Jika ditunggu tanpa melakukan aktivitas apa pun, waktu akan terbuang percuma dan rasa suntuk akan datang cepat atau lambat. Oleh karena itu, salah satu hal yang tidak kalah pentingnya untuk dicermati dalam memilih bengkel motor adalah kualitas ruang tunggunya. 

Setidaknya, pilih bengkel yang menyediakan ruang tunggu dengan fasilitas ruangan AC dan disertai TV. Bahkan, tak sedikit tempat servis motor saat ini yang dilengkapi dengan warung kecil atau kantin yang menjajakan berbagai macam makanan ringan dan minuman yang bisa dinikmati oleh konsumen. Walaupun harus mengeluarkan uang ekstra, adanya fasilitas tersebut mampu memanjakan pengunjung sembari menunggu kendaraan selesai diperbaiki. 

Adanya fasilitas seperti itu juga bisa memberi kenyamanan bagi pelanggan yang membawa anak sehingga tidak rewel saat harus menunggu. Oleh karena itu, jika memungkinkan, pilih bengkel motor yang memberikan fasilitas terlengkap dan terbaik agar bisa menghilangkan rasa jenuh saat menunggu. 

3. Pastikan Kinerja Mekanik Bisa Diandalkan, Ramah, dan Jujur

mekanik bengkel motor

Mekanik Bengkel Motor

Sebagai pihak yang menangani servis motor, kamu harus bisa memastikan bahwa kinerja dari mekanik bengkel dapat diandalkan, ramah, dan juga jujur. Perhatikan apakah mekanik bengkel mampu mengatasi berbagai masalah apa pun yang umum terjadi pada kendaraan. Caranya bisa dengan melihat sertifikat keahlian yang dimiliki oleh para mekaniknya. 

Selain itu, kejujuran mekanik dalam melihat permasalahan pada mesin motor, termasuk perbaikan yang harus dilakukan, juga perlu dicermati. Karena tidak semua orang paham tentang kondisi kendaraan, bukan hal yang mustahil pihak mekanik akan menyarankan konsumen untuk mengganti suku cadang yang sebenarnya masih dalam kondisi yang baik dan layak pakai. 

Kecurangan serupa juga bisa terjadi saat pihak mekanik tak memasang baut kopling dengan erat sehingga terkesan mudah rusak dan harus diganti. Jika kecurangan tersebut tak diantisipasi, sudah pasti kamu akan mengalami kerugian finansial dan waktu karena harus sering melakukan servis, bukan?

4. Bandingkan Tarif Servis dan Suku Cadang yang Ditawarkan

Saat melakukan servis kendaraan, termasuk ketika membeli suku cadangnya, semua orang pasti ingin mendapatkan harga yang termurah dan ramah di kantong. Oleh karena itu, kamu perlu membandingkan tarif servis dan harga suku cadang di beberapa bengkel berbeda. Tentunya, pilih yang menawarkan harga termurah, tapi tetap memberikan kualitas layanan yang terjamin.

Sebagai acuan, biaya servis mesin serta ganti oli pada motor matic atau jenis bebek standar adalah 150 ribu hingga 175 ribu rupiah. Jika bengkel langganan memasang harga lebih mahal dari itu, alangkah baiknya untuk memilih bengkel lain agar tak terus-terusan dirugikan.

5. Usahakan Bengkel Motor Sediakan Garansi Resmi dan Panjang

Sering terlewat dari perhatian, memilih bengkel motor yang menawarkan garansi resmi dan panjang bisa menjadi nilai tambah tersendiri. Bengkel dengan kualitas yang baik dan terpercaya tentu tidak akan ragu untuk memberi garansi kepada para pelanggannya. Dengan begitu, tingkat kepercayaan konsumen menjadi lebih tinggi dan tak ragu untuk memperbaiki kendaraannya di bengkel tersebut.

Dengan adanya garansi tersebut, konsumen bisa melakukan perbaikan kembali jika keluhan atau masalah yang sama pada kendaraan masih terjadi. Tentunya, klaim atas garansi perbaikan tersebut tidak akan dipungut biaya tambahan dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pihak bengkel. 

Nah, saat ada tempat servis yang tak menyediakan garansi atau memberi informasi apa pun terkait kondisi kendaraan, sudah sepatutnya untuk mewaspadai hal tersebut. Sebab, umumnya hal tersebut menjadi indikasi bahwa pihak bengkel tak akan bertanggung jawab saat motor mengalami masalah yang sama dan akan memasang biaya tambahan untuk proses perbaikan selanjutnya. 

6. Coba Minta Referensi Bengkel Motor dari Orang Lain yang Terpercaya

referensi bengkel motor

Meminta Referensi Bengkel Motor

Jika masih ragu dalam memilih bengkel motor terdekat dan terbaik, tidak ada salahnya untuk meminta referensi dari orang lain yang lebih mengerti. Kamu bisa bertanya ke anggota keluarga, teman, atau rekan kerja terkait lokasi servis motor yang terpercaya, terjangkau, dan terjamin kualitasnya. 

Agar lebih meyakinkan, kamu juga dapat mencari informasi terkait hal ini dengan bergabung ke forum atau komunitas otomotif lokal. Dengan begitu, informasi terkait bengkel motor berkualitas dan murah bisa didapatkan. 

7. Lihat Apakah Suku Cadang yang Digunakan Asli dan Berasal dari Distributor Resmi

Tips yang terakhir, pastikan bengkel motor yang akan digunakan menyediakan suku cadang yang asli dan berasal dari distributor yang resmi. Cara mudah untuk mengetahui hal tersebut adalah menggunakan bengkel resmi dari merek kendaraan yang digunakan. 

Namun, jika tetap ingin melakukan perbaikan di bengkel umum, selalu cek komponen atau suku cadang yang akan dipasang pada motor. Apabila memang akan menggunakan komponen aftermarket, pastikan pihak mekanik menawarkannya terlebih dulu ke pelanggan terkait kesediaannya memakai suku cadang tersebut. Dengan adanya penawaran seperti ini, akan terlihat tingkat kejujuran pihak bengkel. 

Perlu dipahami jika penggunaan suku cadang yang asli mampu memperpanjang umur kendaraan dan membuatnya lebih nyaman dikendarai. Harganya mungkin relatif lebih mahal. Namun, karena lebih awet dan tahan lama, penggunaan suku cadang resmi tentu bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis. Jadi, motor pun tidak gampang mengalami kendala yang membuatnya harus sering diservis. 

Jangan Sembarangan Memilih Bengkel Motor Terdekat

Itulah 7 tips yang bisa diaplikasikan agar mampu memilih bengkel motor terbaik, terpercaya, dan terdekat. Karena berkaitan dengan kondisi kendaraan, jangan sembarangan dalam memilih tempat servis tersebut. Pasalnya, jika aktivitas tersebut tak dilakukan dengan benar, motor akan lebih berisiko mengalami kerusakan, memangkas usia pakainya, dan dalam kasus ekstrem bisa membahayakan pengendara saat digunakan berlalu lintas. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement