Jumat 15 Apr 2022 20:10 WIB

Derbi-Derbi Panas yang Menghiasi J1 League 2022

Laga derbi di Jepang memanas setelah era J League.

Derbi Kansai di Meiji Yasuda J1 League. (ilustrasi)
Foto: Dok J.LEAGUE - all rights reserved
Derbi Kansai di Meiji Yasuda J1 League. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertandingan derbi sengit nan panas bukan hanya terjadi di kompetisi-kompetisi sepak bola Eropa dan Amerika Latin. Di Asia, khususnya Jepang, derbi sengit membetot perhatian fans juga ada.

Ada banyak laga derbi yang tersaji di gelaran Meiji Yasuda J1 League 2022. Gelaran kasta tertinggi Liga Jepang musim ini diikuti oleh 18 tim yang tersebar dari seluruh penjuru Negeri Sakura.

Baca Juga

Dalam sebuah kompetisi sepak bola, laga derbi antara dua tim satu wilayah jadi laga yang biasanya ditunggu-tunggu, tak terkecuali di Meiji Yasuda J1 League. Tak hanya panas di dalam lapangan, laga derbi biasanya juga jadi pertarungan gengsi antara fans kedua klub, hal yang semakin membuat pertandingan ini dianggap penting.

Di sepak bola Jepang, laga derbi baru memanas dalam dua dekade terakhir setelah kemunculan era J.league pada 1993. Kemunculan klub-klub baru atau klub yang berpindah kandang setelah era J.League memunculkan berbagai persaingan baru yang sebelumnya tak ada.

Di Jepang, derbi terbagi menjadi beberapa bagian. Derbi yang mempertemukan tim satu kota, derbi tim satu prefektur, satu daerah, hingga ada derbi nasional antara dua tim besar di Jepang.

Greater Tokyo Area

Greater Tokyo Area adalah daerah urban di sekitar Tokyo yang membentuk satu kesatuan daerah urban terbesar di dunia. Musim ini, ada tujuh tim yang berasal dari prefektur yang berada di dalam Greater Tokyo Area. Dari tim-tim ini, ada beberapa laga derbi panas yang tersaji.

Derbi Kanagawa mempertemukan dua tim asal Prefektur Kanagawa, Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale. Kandang kedua tim hanya berjarak tak lebih dari 10 kilometer, membuat persaingan kedua tim panas tak hanya di atas lapangan, tetapi juga bagi para fans.

Shonan Bellmare sebenarnya juga berasal dari prefektur yang sama, tetapi tak memiliki sejarah rivalitas yang sama dengan kedua tim lainnya dan jarak yang lebih jauh dibanding Marinos dan Frontale.

Selain Derbi Kanagawa, Kawasaki Frontale juga terlibat dalam laga sengit bertajuk Tamagawa Classico, mempertemukan mereka dengan F.C.Tokyo. Dinamai Tamagawa Clasico karena kandang kedua tim dipisahkan sebuah sungai besar di Greater Tokyo Area bernama Sungai Tama, dengan kandang kedua tim berjarak tak lebih dari 20km.

Di bagian Greater Tokyo yang lain, ada laga Derbi Shizuoka yang mempertemukan dua tim asal Prefektur Shizuoka, Jubilo Iwata dan Shimizu S-Pulse. Naiknya Jubilo Iwata ke kasta teratas musim ini membuat laga derbi ini kembali dihelat setelah absen beberapa lama.

Shimizu S-Pulse dan Jubilo Iwata juga terlibat dalam sebuah laga derbi dengan tim Prefektur Aichi, Nagoya Grampus, dalam sebuah laga bertajuk Derbi Tokai.

Ada salah satu bagian di Greater Tokyo yang diberi nama daerah Chubu yang di dalamnya terdapat wilayah Tokai yang sudah ada sejak zaman Edo, berisi prefektur Shizuoka, Aichi, Gifu, hingga Mie.

Keihanshin Area (Kansai)

Kansai terkenal dengan logat bicara mereka yang tak sama dengan Bahasa Jepang standar soal pengucapan, kosa kata, dan tata bahasa. Ada kota metropolitan besar di sini yang bernama Keihanshin, terdiri dari Osaka, Kobe, dan Kyoto. Artinya, ada beberapa klub J.League yang berasal dari daerah ini.

Musim ini, ada empat tim yang berasal dari sini: Gamba Osaka, Cerezo Osaka, Vissel Kobe, dan Kyoto Sanga. Pertemuan dua dari empat tim ini biasa disebut dengan Derbi Kansai. Irisan dari empat tim ini juga memiliki sebutan derbi mereka sendiri.

Pertemuan Kyoto Sanga dengan Gamba Osaka atau Cerezo Osaka diberi nama Derbi Keihan, sedangkan pertemuan Vissel Kobe dengan dua tim asal Osaka diberi nama Derbi Hanshin.

Laga terbesar di daerah ini adalah laga Derbi Osaka, mempertemukan Gamba Osaka yang kini berkandang di Kota Suita Prefektur Osaka dengan Cerezo yang berasal dari pusat Kota Osaka.

Pulau Kyushu

Kyushu adalah pulau terbesar ketiga di Jepang dan berada paling Selatan di antara pulau-pulau utama Negeri Sakura. Musim ini, ada dua klub J1 League yang berasal dari Pulau Kyushu. Avispa Fukuoka dan Sagan Tosu jadi wakil pulau ini di kasta teratas.

Duel antara dua klub ini biasanya panas, dengan keduanya berasal dari prefektur berbeda dan membawa kebanggaan tersendiri sebagai klub terbaik di pulau ini. Sagan Tosu mungkin memiliki nama terbesar di luar Jepang karena berhasil merekrut Fernando Torres beberapa musim lalu.

Nasional

Selain derbi satu daerah, ada beberapa laga yang biasa disebut Derbi Nasional karena besarnya laga antara kedua tim. Duel Urawa Red Diamonds vs Gamba Osaka juga disebut duel dua mata angin. Hal ini karena Urawa Reds yang berasal dari Timur dari Prefektur Saitama, melawan Gamba dari Barat yang berasal dari Prefektur Osaka.

Kedua tim berasal dari dua kota metropolitan besar di Jepang: Greater Tokyo Area di Timur dan Keihanshin Area di Barat. Duel ini dianggap sebagai derbi nasional karena prestasi dan nama besar yang dimiliki keduanya.

Selain itu, ada pula laga Kashima Antlers vs Jubilo Iwata. Antlers adalah pemilik terbanyak gelar J1 League dengan delapan kali, sedangkan Jubilo sempat jadi penguasa Jepang dengan tiga kali juara J1 League pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement