Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Biasakan Anak-Anak Makan di Rumah, Jangan Jajan Terus

Jumat 15 Apr 2022 15:13 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Bekal makanan untuk anak (ilustrasi). Anak sebaiknya tidak dibiasakan jajan. Sediakan makanan di rumah dengan nilai gizi seimbang.

Bekal makanan untuk anak (ilustrasi). Anak sebaiknya tidak dibiasakan jajan. Sediakan makanan di rumah dengan nilai gizi seimbang.

Foto: Republika/Prayogi
Anak yang terbiasa jajan akan sulit dibiasakan untuk mengonsumsi makanan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Perhimpunan Pakar Gizi (Pergizi) Pangan Indonesia mengajak orang tua di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) agar membiasakan anak-anaknya mengonsumsi makanan yang dibuat di rumah. Sebab, makanan di rumah terjamin keamanan, kesehatan, dan kandungan gizinya.

"Jangan biasakan anak-anak jajan makanan di luar rumah," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pergizi Pangan Provinsi Sulteng Nurdin Rahman di Kota Palu, Kamis (14/4/2022).

Baca Juga

Menurut Nurdin, kadang kala, orang tua tidak mau repot membuatkan makanan di rumah. Mereka lantas memberikan saja anaknya uang supaya jajan makanan di luar rumah.

"Terserah anaknya mau jajan makanan apa di luar yang penting makan," ujar Nurdin.

Padahal, menurut Nurdin, makanan yang dibuat di rumah terjamin keamanan, kesehatan, dan kandungan gizinya dibandingkan jika membeli makanan di luar rumah. Ia mengingatkan bahwa jajanan tidak menutup kemungkinan dibuat dengan cara yang tidak higienis dan dicampur dengan bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA