Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fida N

Belum Lancar Baca Al-Quran Ini 5 Rekomendasi Kursus Mengaji Online Untukmu

Agama | Friday, 15 Apr 2022, 12:25 WIB
sumber: pexels.com

Al-Quran adalah kalam Allah yang berisi pedoman atau petunjuk hidup bagi umat Islam. Dengan membaca Al-Quran, kita akan mendapatkan banyak manfaat salah satunya mendapat pahala di sisi Allah. Namun, banyak orang Islam masih belum lancar membaca Al-Quran bahkan ketika usia mereka dewasa. Jika kamu salah satunya, kamu tidak perlu khawatir karena pada era teknologi seperti saat ini telah hadir kursus mengaji secara online.

Berikut ini beberapa rekomendasi kursus mengaji secara online yang bisa kamu ikuti. Platform-platform ini bisa diikuti oleh berbagai kalangan, lho. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Syarihub

Sebelumnya, platform ini bernama Ojesy yaitu layanan ojek online secara syariah yang sempat viral beberapa tahun lalu. Namun, kini berubah nama menjadi Syarihub. Syarihub merupakan sebuah platform mengaji online yang melayani mengaji secara privat sehingga proses pembelajaran pun berlangsung lebih eksklusif dan lebih fokus. Kamu pun bisa memilih guru sesuai gendermu agar lebih nyaman saat proses pembelajaran berlangsung.

Keunggulan lainnya yaitu karena belajar secara online, kamu bisa mengaji di mana saja dan kapan saja. Selain itu, guru yang akan mengajarimu adalah lulusan pesantren dan bersertifikat sehingga kamu akan dibimbing dengan baik oleh mereka. Kamu juga bisa memilih jadwal mengaji dengan durasi 1 jam tiap sesinya. Untuk harga, Syarihub menawarkan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp250.000/bulan untuk 4x pertemuan. Jika kamu ingin mencoba terlebih dahulu, Syarihub membuka layanan paket trial untuk 1x pertemuan dengan biaya sebesar Rp75.000. Tak hanya itu, setelah lulus kamu bisa dapat sertifikat sebagai bukti. Untuk kalian yang berminat, segera kunjungi website resminya saja.

2. Superprof

Superprof adalah platform bimbingan belajar privat secara online. Ada banyak mata pelajaran yang ditawarkan seperti matematika, bahasa Inggris, dan ilmu pengetahuan lain. Selain itu, ada juga lho, kursus mengaji yang bisa kamu ikuti di platform ini. Tersedia banyak guru berpengalaman yang siap mengajarimu dan bisa kamu pilih sesuai yang kamu inginkan. Untuk harga cukup variatif, masing-masing guru memasang tarif yang berbeda-beda mulai dari Rp11.000/jam hingga Rp70.000/jam. Sesuaikan saja dengan budget yang kamu miliki.

3. Maungaji

Di platform maungaji, kamu bisa belajar mengaji secara online maupun offline. Di sini, ada tiga jenis kelas yang bisa kamu pilih salah satu diantara kelas iqra', kelas tahsin dan kelas tahfidz. Dengan durasi 1 jam, kamu bisa memilih paket belajar dengan tarif mulai dari Rp400.000/bulan dengan 8x pertemuan. Hari dan jam bisa kalian tentukan sendiri.

Mengusung tagline mudah, murah dan sesuai syariah, ada banyak kelebihan yang bisa kalian dapatkan jika mengaji di platform ini antara lain aman dan nyaman, dapat memilih gender guru ngaji sesuai gendermu, mendapat laporan belajar dan sertifikat. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari berbagai macam ilmu agama lain seperti fiqih, aqidah hingga akhlak.

Untuk mengikuti kursus mengaji di maungaji, kamu cukup daftarkan dirimu melalui aplikasi maungaji yang sudah tersedia di playstore. Atau jika kamu ingin mengaji secara offline, kamu bisa menghubungi minji selaku customer service maungaji melalui whatsapp.

4. Ngajilagi.id

"Sejauh dan sesibuk apapun dirimu, baca Al-Qur'an dengan lancar bukan lagi impian..." Itulah kalimat yang dapat kalian temukan di bio akun instagram @ngajilagi.id. Sesuai kalimat tersebut, platform yang satu ini menyediakan layanan kursus mengaji online yang bisa dilakukan di mana saja dan terbuka untuk umum mulai usia 13 tahun ke atas. Kamu yang berusia dewasa dan sibuk pun bisa mengikutinya.

Di sini kamu akan belajar dari awal yaitu iqra' 1 meskipun kamu sudah belajar tajwid sekalipun. Kamu akan mempelajari makhoorijul huruf dan shifaatul huruf di materi iqra' 1 sehingga nantinya kamu mampu mengucapkan dan membedakan huruf-huruf Al-Quran dengan baik dan benar. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan yaitu kamu akan mendapatkan sertifikat Syahadah sebagai bukti bahwa bacaan Al-Quran mu sudah baik dan sesuai tajwid yang benar setelah mengikuti ujian Syahadah yang bisa kamu tempuh setelah mengikuti kelas selama 1 tahun.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar, siapkan uang sejumlah Rp250.000/bulan. Selain layanan secara online, ngajilagi juga menyediakan belajar mengaji secara tatap muka yang bisa kalian daftarkan lewat whatsapp. Namun, pertemuan tatap muka ini hanya tersedia di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

5. Cendekia Privat

Rekomendasi mengaji online selanjutnya yaitu Cendekia Privat. Kursus ini telah melayani hingga 10.000 jam mengaji dan memiliki murid yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia dan luar negeri. Manfaat yang bisa kamu dapatkan antara lain diajarkan oleh guru berpengalaman lulusan perguruan tinggi negeri dan swasta, biaya yang terjangkau, waktu yang fleksibel, dan terdapat berbagai materi mulai dari mengaji Al-Quran dengan metode Iqra, bacaan doa sehari-hari, hafalan surat pendek, tahsin hingga praktek wudhu dan salat. Tersedia kelas online maupun offline. Untuk kelas offline, ustaz/ustazah yang mengajar akan datang ke tempat tinggalmu atau di tempat lain sesuai kesepakatan.

Itulah beberapa rekomendasi kursus mengaji online yang bisa kamu pilih untuk membantumu dalam mempelajari bacaan Al-Quran. Dengan belajar mengaji melalui sistem online, kamu dapat melakukan pembelajaran lebih fleksibel dan dapat dilakukan di manapun.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image