Jumat 15 Apr 2022 13:33 WIB

Vaksinasi Booster di Kabupaten Tangerang Ditargetkan Capai 30 Persen Jelang Mudik

Pemkab menggelar vaksinasi booster hingga 25 April di Gerai Tangerang Gemilang.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi.
Foto: Dok Pemkab Tangerang
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menargetkan realisasi vaksinasi dosis tiga (booster) di Kabupaten Tangerang mencapai 30 persen sebelum momen mudik Lebaran 1443 Hijriyah. Untuk mencapai target tersebut, penyaluran vaksinasi ke sentra-sentra vaksinasi dipastikan terus berjalan.

Berdasarkan catatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang berdasarkan KTP Kabupaten Tangerang per 14 April 2022, angka capaian vaksinasi booster di Kabupaten Tangerang sebanyak 359.291 jiwa atau 16,4 persen dari target sebanyak 2,85 juta jiwa. Dalam waktu dekat, ada ratusan ribu dosis vaksin yang bakal disuntikkan kepada masyarakat.

"Target vaksin booster dari tanggal 12-25 April 2022 sekitar 300 ribu dosis. Mudah-mudahan paling tidak kita bisa capai 30 persen sebelum masa mudik Lebaran," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (14/4).

Hendra optimistis target tersebut dapat tercapai. Dia menuturkan, permintaan vaksin booster di wilayahnya cukup tinggi, bahkan meningkat hingga 100 persen. Hal itu terjadi seiring dengan adanya kebijakan booster sebagai syarat mudik untuk pulang kampung pada momen Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Hendra mengatakan, dalam menghadapi tradisi mudik yang dilakukan masyarakat di Hari Raya Idul Fitri, melakukan vaksinasi memang merupakan hal yang penting bagi masyarakat. Pasalnya, pada momen tersebut nantinya bakal ada kebiasaan berkumpul dengan sanak famili dan saudara, sehingga perlu vaksinasi untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Persediaan vaksin cukup aman saat ini," kata Hendra. Dia memastikan, petugas terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten untuk mendapatkan jatah vaksin sesuai kebutuhan.

Pemkab Tangerang diketahui menggelar vaksinasi booster hingga 25 April di Gerai Tangerang Gemilang, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. Masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi booster, terutama untuk keperluan mudik bisa mendatangi lokasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement