Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Tanda-tanda di Rambut yang Mengisyaratkan Masalah Kesehatan

Jumat 15 Apr 2022 08:50 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Rambut dapat menjadi pertanda tentang kesehatan Anda.

Rambut dapat menjadi pertanda tentang kesehatan Anda.

Foto: Reuters
Waspada, rambut beruban tidak selalu merupakan konsekuensi dari penuaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam hal kesehatan, tubuh memiliki banyak cara untuk menunjukkan tanda-tanda positif dan negatif. Mengawasi tanda-tanda ini adalah cara terbaik untuk memastikan kesehatan holistik dan menjaga risiko komplikasi kesehatan agar tidak bertambah parah. Demikian pula rambut dapat menjadi pertanda tentang kesehatan Anda.

Dilansir dari Times Now News, Jumat (15/4/2022) berikut beberapa tanda tekanan fisik dan mental yang bisa bermanifestasi pada rambut.

Baca Juga

Rambut beruban dan stress

Meskipun menjadi fenomena umum, terkadang rambut beruban tidak selalu merupakan konsekuensi dari penuaan, tetapi hormonal dan komplikasi kesehatan lainnya juga berperan. Pernahkah Anda memperhatikan helaian uban di rambut akhir-akhir ini? Jika ya maka itu bisa menjadi tanda stres.

Rambut rontok dan anemia

Anemia adalah suatu kondisi yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah yang sehat dalam tubuh. Kondisi ini dapat terlihat dari berbagai tanda di tubuh seperti kelelahan, kulit pucat, sesak napas, dan lainnya. Rambut rontok merupakan gejala anemia lainnya yang harus diwaspadai.

Rambut Rontok dan PCOS

Tahukah Anda bahwa rambut rontok bisa menjadi tanda PCOS? Sindrom ovarium polikistik, umumnya dikenal sebagai PCOS, adalah suatu kondisi yang mengarah pada pembesaran ovarium dan pembentukan kista pada saat yang sama.

Rambut tipis dan hipertiroidisme

Siapa yang tidak suka rambut tebal dan bervolume? Namun, kondisi kesehatan tertentu seperti hipertiroidisme dapat menyebabkan penipisan rambut. Hipertiroidisme adalah suatu kondisi yang disebabkan karena produksi hormon tiroid yang berlebihan di kelenjar tiroid.

Rambut rapuh dan sindrom cushing

Rambut rapuh ditandai dengan rambut kering dan tidak sehat yang rentan bercabang dan kusam. Ini juga bisa menjadi tanda sindrom Cushing. Sindrom Cushing disebabkan karena paparan kortisol yang berkepanjangan. Kondisi ini juga dikenal sebagai hiperkortisolisme dan sering disebabkan karena penggunaan steroid.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA