Kamis 14 Apr 2022 22:17 WIB

NFT Kian Digemari, Fitur Collectibles TokoMall Sediakan Ruang untuk Kolektor

Para kolektor bisa menjual kembali NFT mereka.

Non-Fungible Token (Ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Non-Fungible Token (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengoleksi Non-Fungible Token atau yang lebih dikenal dengan sebutan NFT kini jadi kegiatan favorit baru masyarakat modern. Literasi digital yang kian dipahami khalayak membuat salah satu token kriptokurensi ini kian digemari.

Atas dasar itu, Tokocrypto melalui plaform marketplace NFT (Non-Fungible Token), TokoMall, meluncurkan fitur baru yakni "Collectibles" yang dapat digunakan oleh para kreator maupun kolektor dalam mengoleksi NFT. Ini baik dari TokoMall maupun dari rekanan lain yang dibangun pada platform BNB Chain.

Baca Juga

Dikutip dari Antara, Kamis (14/4/2022), Head of TokoMall Thelvia Vennieta mengatakan, fitur baru itu menjadi potensi besar yang harus diseimbangkan dengan edukasi yang tepat kepada masyarakat yang tertarik dengan NFT sebagai kreator ataupun kolektor.

“Kami berharap dengan hadirnya fitur Collectibles ini TokoMall bisa mengakomodir dan mendorong para kreator untuk terus mengembangkan produk yang tidak terbatas untuk dikoleksi, namun memiliki utilitas jelas dan nilai lebih bagi para calon kolektor," kata Thelvia Vennieta.

Ia menjelaskan, collectible items dalam NFT secara sederhana mirip dengan barang koleksi di dunia nyata. Namun bedanya, dalam NFT sudah dapat dipastikan keunikan dan kelangkaannya karena tercantum dalam blockchain.

Beberapa contoh proyek NFT Collectibles antara lain Top Shots NBA, Bored Ape Yacht Club, Karafuru, dan lainnya.

Thelvia menjelaskan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proyek collectibles dapat berjalan dengan baik seperti membuat roadmap yang jelas dan dapat dieksekusi, keterlibatan pemasaran dan komunitas, karya seni dan cerita yang diangkat dari koleksi tersebut, serta memilih blockchain dan marketplace yang tepat.

Hal lain yang perlu diperhatikan, kata dia, adalah utilitas apa yang ditawarkan oleh proyek collectibles tersebut. Misalnya seperti AZNVerse, proyek Collectibles dari Tokocrypto dan komunitas mengusung utilitas diskon trading bagi para holders.

Ia mengatakan, melalui fitur Collectibles, pengguna dapat menjelajahi dan memiliki proyek-proyek NFT terbaik, langka dan unik dari semua ekosistem teknologi blockchain hanya ada di TokoMall, seperti Pancake Squad, ONDE NFT, Gator Gang dan masih banyak lagi.

"Salah satu proyek NFT Collectibles yang telah diluncurkan oleh Tokocrypto dengan komunitas yaitu AZNVerse. AZNVerse merupakan proyek NFT Collectibles yang diinisiasi oleh Tokocrypto yang dalam pengembangannya bekerja sama dengan TKO Angels sebagai bagian dari komunitas Tokocrypto," ujar dia.

Menurut dia, fitur Collectibles dapat diakses dengan mengklik tab di website TokoMall. Dalam fitur tersebut, pengguna dapat menemukan sederet proyek Collectibles baik dari Tokocrypto atau proyek lain dari para mitra yang telah terintegrasi seperti Pancake Squad, Onde NFT, Gator Gang, Sea Spirit, dan lainnya.

Para kolektor bisa menjual kembali NFT mereka dengan memilih untuk menggunakan TKO & BNB sebagai alat tukar guna memiliki koleksi yang ditawarkan. Jika memilih untuk menawarkan di TKO, kolektor harus membeli di TKO. Jika mereka memilih BNB, kolektor juga harus menukarnya dengan BNB.

"Adanya fitur baru itu diharapkan semakin bisa memudahkan navigasi para kolektor yang ingin menjelajahi TokoMall dan menjadi nilai tambah bagi partner yang bekerja sama. Saat ini, TokoMall by Tokocrypto memiliki lebih dari 14 ribu kolektor, lebih dari 100 mitra resmi, dan 15 ribu NFT art," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement