Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Masyarakat Bercerita

Yuk Simak, Ini Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Moral Anak

Gaya Hidup | Thursday, 14 Apr 2022, 14:14 WIB
ilustrasi (Sumber gambar : pixabay.com)

Anak merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keberlangsungan hidup manusia sekaligus keberlangsungan sebuah lingkungan dan Negara. Dengan peran anak yang penting ini, kita sebagai orang tua harus pandai dalam mendidik anak guna menjaganya agar jauh dari perilaku keburukan.

Perlu kalian ketahui bahwa seorang anak tidak akan mampu membentuk dirinya sendiri, ia membutuhkan orang lain disekitarnya, untuk memberikan ilmu dan pengetahuan, Keluarga atau orang tua adalam segala aspek adalah lingkaran pertama yang akan menentukan peran dan perilaku anak dalam hidup bermasyarakat, hal ini tertuang dalam Al-Quran An-Nahl ayat 78 yang berbunyi :

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”.

keluarga sebagai pemberi stimulus atau rangsangan utama terhadap anak untuk membentuk pribadi yang mampu mengembangkan potensi dirinya dalam hal-hal positif, perilaku yang baik dalam keseharian didalam keluarga ataupun rumah akan juga mereka terapkan di lingkungan sekitar, anak akan meniru perilaku keluarga atau orang tuanya, jadi berilah contoh yang baik.

Peran keluarga seharusnya dapat memberikan contoh yang baik didepan anak, ini akan membuat anak melakukan hal-hal yang baik pula, didiklah anak dalam usia sedini mungkin, karena dalam usia tersebut menjadi momen yang tepat dala membentuk pribadi anak.

Jangan biarkan anak melakukan apa saja sehingga ia mudah terseret oleh lingkungan sekitarnya, berilah rem atau batasan-batasan kepada anak, selain itu pendidikan moral dan agama menjadi faktor pendukung dalam mendidik anak, buat anak memahami resiko yang mereka tanggung ketika berbuat buruk, agar ia waspada dalam melakukan suatu apapun.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image