Kamis 14 Apr 2022 17:38 WIB
SEA GAMES 2021

Timnas Basket 3x3 Putra Jadikan ABL Cup 2022 Adaptasi Peraturan Jelang SEA Games

ABL Cup 2022 sebagai ajang try out dan seleksi pemain timnas 3x3 di SEA Games.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pebasket Indonesia Muhammad Sandy Ibrahim Aziz (kanan) akan berlaga di turnamen 3x3 ABL Cup 2022 sebagai ajang try out dan seleksi pemain timnas 3x3 SEA Games 2022.
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pebasket Indonesia Muhammad Sandy Ibrahim Aziz (kanan) akan berlaga di turnamen 3x3 ABL Cup 2022 sebagai ajang try out dan seleksi pemain timnas 3x3 SEA Games 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Indonesia belum ada pebasket yang sejak awal memilih jalur 3x3. Sebab, belum ada liga yang tetap dan berjenjang dari cabang olahraga disiplin basket 3x3 ini. Sehingga saat membentuk timnas, materi pemain dipilih dari pemain basket lima lawan lima. 

Penampilan di IBL menjadi penilaian untuk memilih delapan pemain yang dipersiapkan ikut SEA Games Vietnam bulan Mei mendatang. Kini delapan pemain yang dilatih Ali Budimansyah sedang bersiap mengikuti ABL Internasional 3x3 Champions Cup 2022 di Bali. Mereka dibagi dalam dua tim yang akan bersaing dengan 14 tim lainnya. Ajang ini sekaigus seleksi pemain karena timnas 3x3 Indonesia nanti hanya akan diperkuat empat pemain.

Baca Juga

Manajer Timnas 3x3 Ferri Jufry ketika dihubungi Republika.co.id, Kamis (14/4/2022) mengatakan dua tim itu dibagi berdasarkan senior dan junior. 

"Tim A terdiri dari Surliyadin, Sandy Ibrahim, Oki Wira, Jamarr Andre Johnson. Sedangkan tim B para pemain junior yang diisi Dame Diagne, Serigne Modou Kane, Julian Chalias, dan Nickson Gosal," kata Ferri.

"Kami tidak ada target khusus disini. Sebagai ajang try out sangat bagus, karena banyak pemain asing IBL kemarin yang juga ikut ajang ini," imbuhnya.

Ia mengatakan, para pemain yang dipanggil selama ini bermain basket lima lawan. Mereka sudah lama tak bermain 3x3.

"Rata-rata baru main 3x3 jadi ada kagoknya. Kita adaptasi peraturan 3x3 karena ada beberapa aturan baru," ujar Ferri.

Setelah dari Bali sebelum berangkat ke SEA Games Vietnam, timnas 3x3 akan ikut turnamen internasional 3x3 di Filipina pada 29-30 Mei.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement