Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mastri Imammusadin

Cari Takjil Bonus Pemandangan Bukit Menoreh: Serunya Ngabuburit di Pasar Ramadhan Palpitu, Kaligono

Info Terkini | Thursday, 14 Apr 2022, 08:45 WIB
Suasana Keramaian di Pasar Ramadhan Palpitu.(Instagram @gencar.1443)

Kaligesing (Ikatan Remaja Masjid Rajak Al Iman) - Untuk menyemarakkan suasana Ramadhan 1443 Hijriyah Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Rajak Al Iman menyelenggarakan serangkaian acara bertajuk Gema Nuansa Ceria Ramadan (GENCAR). Acara itu diawali dengan pembukaan Pasar Ramadan oleh Kepala Desa Kaligono, Suroto pada tanggal 1 Ramadhan yang lalu. Pada Pasar Ramadhan tersebut terdapat 13 lapak yang diisi oleh pedagang dengan berbagai macam kuliner khas Ramadhan. Pasar Ramadan itu buka setiap jam 2 siang sampai berbuka puasa, dan hingga saat ini setiap harinya jumlah pengunjung semakin ramai. Pasar Ramadhan Palpitu ini menjadi viral karena mempunyai keunikan tersendiri, yaitu diadakan di atas Jembatan Palpitu yang baru selesai dibangun beberapa bulan yang lalu. Meski di atas jembatan, keamanan para pedagang dan pengunjung tetap terjamin karena telah melalui proses perizinan yang ketat dan telah diizinkan oleh pihak berwenang. Lalu lintas di jalur Kaligono-Donorejo itu terpantau sepi meskipun belakangan mulai ramai.

Para Pengunjung menikmati suasana Pasar Ramadhan Palpitu (Instagram @amazingkaligesing)

Selain dapat memilih berbagai macam kuliner yang disediakan oleh para pedagang, para pengunjung juga menikmati suasana yang indah karena disuguhkan pemandangan sungai yang airnya sangat jernih. Selain itu terlihat pula suasana pemandangan Perbukitan Menoreh yang menjulang tinggi. Terlihat pula Ikon Pariwisata Desa Kaligono, yaitu Bukit Wukir Kencono (Gunung Condong) yang nampak dengan gagahnya. Banyak para pengunjung yang melakukan swafoto kemudian menguploadnya di media sosial.

Swafoto seorang anak kecil di Jembatan Palpitu yang menwarakan keindahan b=Bukit Menoreh dan Gunung Condong (Wukir Kencono) yang tinggi menjulang (Instagram @desawisatakaligono)
Swafoto Seorang anak dengan background sungai yang indah (Instagram @jembatanpalpitu)

Selain menyelenggarakan Pasar Ramadhan, Ikatan Remaja Masjid Rajak Al Iman juga menyelenggarakan kegiatan Lomba Anak Hebat Ramadhan. Perlombaan itu diadakan untuk memberikan ruang berkompetisi bagi anak-anak untuk mengisi waktunya di Bulan Ramadhan. Kegiatan itu terdiri dari lomba adzan dan lomba hafalan surat-surat pendek juz 30. Terbagi menjadi dua kategori yaitu kategori usia 3 sampai 6 tahun dan usia 7 sampai 12 tahun.

Untuk lomba kategori anak usia 3 sampai 6 tahun telah dilaksanakan pada hari minggu yang lalu, 10 April 2022. Sedangkan untuk kategori usia 7-12 tahun akan dilaksanakan pada hari Minggu besok tanggal 17 April 2022 di Masjid Rajak Al Iman.

Keceriaan para peserta Lomba Anak Hebat Ramadhan (Instagram @gencar.1443(
Peserta Lomba Kategori anak Usia 3 - 6 tahun (instagram @masjid_palpitu)

Puncaknya akan dilaksanakan kegiatan buka puasa dan dongeng bersama Pendongeng Nasional peraih rekor MURI, Kak Awe pada hari Sabtu tanggal 23 April 2022 bertempat di Masjid Rajak Al Iman. Panitia membuka donasi untuk mengadakan takjil dalam acara buka puasa yang rencananya akan diikuti oleh 100 santri TPA/TPQ. Bagi Bapak Ibu saudara-saudari yang menginginkan untuk mendonasikan rezekinya dapat transfer ke nomor rekening BRI 684301012678536 (An. Yusrotun Na'imah) - Konfirmasi : BunEka 085802492451.

Poster Kegiatan Lomba Anak Hebat Ramadhan (Instagram @gencar.1443)
Open Donasi Takjil Buka Puasa Bersama (Instagram @gencar.1443)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image