Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Cara Cepat Mengatasi Penyimpanan Gmail yang Penuh

Kamis 14 Apr 2022 10:32 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari

Gmail/ilustrasi

Gmail/ilustrasi

Foto: gadgetlite.com
Gunakan fitur filter Gmail untuk menghapus ribuan email sekaligus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gmail adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mengirim dan menerima email. Aplikasi tersebut digunakan untuk pekerjaan pribadi dan profesional.

Jika Anda telah berlangganan beberapa layanan dan bahkan menggunakan id email yang sama untuk tujuan resmi, maka kontak masuk Anda mungkin akan penuh dengan ribuan email.

Baca Juga

Ada beberapa cara untuk menghapus email yang tidak perlu. Tapi, di sini kita a NJkan mencari cara terbaik dan termudah untuk membantu menghemat waktu.

Dilansir dari India Today, Kamis (14/4/2022), seseorang dapat dengan mudah menggunakan fitur filter Gmail dan menghapus ribuan email sekaligus tanpa kehilangan yang penting. Yang perlu Anda lakukan adalah mengeklik ikon filter yang terlihat di sudut kanan atas search bar.

Di komputer Anda, Anda akan melihat “From” tertulis di atas. Cukup ketik nama atau alamat email dari layanan apa pun yang mungkin telah mengirimi Anda ratusan email.

Setelah ini, Anda hanya perlu mengeklik tombol pencarian dan Gmail akan menampilkan semua email dari layanan atau id email tersebut. Anda dapat menghapus semuanya sekaligus.

Ada kotak persegi di sudut kiri atas, klik saja dan semua email akan dipilih. Misalnya, Anda cukup mengetik Zomato, ketuk tombol cari, lalu hapus semua email Zomato sekaligus.

Prosesnya serupa untuk versi seluler Gmail juga. Anda cukup mengetuk search bar dan kemudian pada “From”. Anda akan mendapatkan daftar id email.

Cukup pilih siapa saja dan Anda juga dapat mengetikkan nama layanan secara manual di search bar. Setelah ini, Anda harus secara manual memilih semua email untuk menghapusnya. Ini bisa sedikit mengganggu. Jadi, lebih baik menggunakan komputer karena versi desktop/web menawarkan opsi langsung untuk menghapus semua email sekaligus.

Anda juga dapat menghapus beberapa email secara manual, tetapi itu akan memakan banyak waktu dan Anda mungkin akhirnya membuat akun baru karena frustasi. Jika Anda memiliki lebih sedikit email, maka Anda dapat menghapus email secara manual, tetapi jika Anda memiliki email bertahun-tahun di kotak masuk Anda, maka lebih baik menggunakan fitur filter Gmail.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA