Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

CIMB Niaga Syariah Luncurkan Pembukaan RDN Online

Kamis 14 Apr 2022 08:15 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ferry kisihandi

Nasabah mencari informasi perbankan syariah di booth Bank CIMB Niaga Syariah, Jakarta, Ahad (19/11).

Nasabah mencari informasi perbankan syariah di booth Bank CIMB Niaga Syariah, Jakarta, Ahad (19/11).

Foto: Yasin Habibi/ Republika
Proses pembukaan rekening efek dan RDN kini menjadi lebih cepat dan tetap aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menjadi bank pertama yang meluncurkan layanan pembukaan rekening efek secara daring. CIMB Niaga Syariah bekerja sama dengan PT Phintraco Sekuritas.

Head of Sharia Consumer CIMB Niaga Bung Aldilla mengatakan, CIMB Niaga Syariah berkomitmen menghadirkan inovasi-inovasi produk dan layanan berbasis syariah. "Termasuk untuk memfasilitasi pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN) bagi masyarakat yang ingin bertransaksi di pasar modal syariah,” kata Bung Aldilla di Jakarta, Rabu (13/4).

Dengan simplifikasi pembukaan rekening tersebut, lanjut Bung Aldilla, proses pembukaan rekening efek dan RDN kini menjadi lebih cepat dan tetap aman. Masyarakat tidak perlu datang ke kantor cabang dan menunggu proses lama.

Tabungan RDN dapat diperoleh dengan pendaftaran langsung dari aplikasi atau website perusahaan efek mitra CIMB Niaga, dalam hal ini Phintraco Sekuritas. Sistem di perusahaan efek tersebut sudah terkoneksi dengan CIMB Niaga Syariah. 

"Cukup mengikuti langkah-langkah yang disediakan dan melengkapi semua persyaratan, maka dalam waktu kurang dari satu jam pembuatan rekening efek dan rekening dana nasabah selesai," katanya.

Nasabah pun dapat melakukan transaksi di pasar modal Syariah melalui Shariah Online Trading System (SOTS) yang disediakan perusahaan efek. Secara otomatis, investor hanya akan bisa memilih investasi di saham-saham syariah dalam Daftar Efek Syariah. 

Bung Aldilla menjelaskan, kemudahan pembukaan rekening tersebut diharapkan dapat mendukung inklusi di industri jasa keuangan dengan meningkatkan jumlah investor domestik di pasar modal syariah. Sehingga, pasar keuangan syariah di Indonesia dapat terus berkembang menjadi lebih besar.

"Ini terobosan yang diharapkan bisa menjadi salah satu pendorong percepatan pertumbuhan investor di pasar modal syariah Indonesia," katanya. 

Ke depan, CIMB Niaga Syariah berkomitmen akan terus berinovasi untuk memberikan layanan yang memuaskan bagi para nasabah. Atas inovasi ini, CIMB Niaga memperoleh Rekor MURI untuk Pembukaan Rekening Efek Syariah Pertama secara Online Simplifikasi. 

Penghargaan diberikan secara daring oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Head of Sharia Consumer CIMB Niaga Bung Aldilla dan Direktur Phintraco Sekuritas Jeffrey Hendrik. Seremoni dilakukan pada acara Peluncuran IDX Islamic Challenge 2022 dan Simplikasi Pembukaan Rekening Saham Syariah pekan lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA