Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Masyarakat Bercerita

Ini 2 Faktor Penyebab Kenakalan Pada Anak,Hal Ini Peran Orang Tua Sangat Penting

Gaya Hidup | Wednesday, 13 Apr 2022, 23:01 WIB
ilustrasi ( sumber gambar : pixabay.com )

Kenakalan pada anak adalah sebuah bentuk tingkah laku yang menyimpang dan melanggar norma-norma agama ataupun sosial. Kenakalan tersebut tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja, selain merugikan dirinya sendiri sifat tersebut juga dapat merugikan orang lain.

Bentuk kenakalan anak yang terjadi saat ini sangat beragam, mulai dari malas melakukan apapun, suka main game, hingga yang terparah adalah klitih,klitih adalah sebuah kenakalan dengan cara melukai orang lain tanpa sebab, ini marak terjadi, terutama di kota-kota besar seperti Jogjakarta.

Biasanya Faktor pendorong dari kenakalan anak ini terjadi akibat perilaku yang tertanam sejak dini atau faktor lingkungan sekitar, keluarga dan lingkungan sekitarnya akan membawa kepada sikap dan yang tertanam adalah yang dilihat dalam keluarga dan masyarakat.

Yang paling berpengaruh dalam pembentukan metalitas anak adalah keluarga, orang tua harus membekali diri si anak dengan pengetahuan, ilmu dan pemahaman tentang hukum agama maupun sosial.

Berikut adalah sebab kuat pemicu perilaku kenakalan terhadapat anak :

Kurangnya pengawasan keluarga

faktor penyebab terjadinya kenakalan terhadap anak adalah kurangnya pengawasan keluarga, keluarga yang terlalu bebas dalam mendidik anaknya akan mengakibatkan keliaran pada perilaku anak, keadaan keluarga yang kurang mengawasi dan kurang membimbing anaknya akan membuat si anak merasa diperbolehkan atau dibiarkan melakukan apa saja,

Faktor lingkungan

Selain kurangnya pengawasan keluarga dalam mendidik anak, faktor yang lain adalah keadaan lingkungan yang kurang berpendidikan atau bermoral akan membuat anak terbawa dalam perilaku kenakalan, masyarakat yang dirasa kurang peduli terhadap lingkungan sekitar menjadi penyebab kenakalan terhadap anak, ini terbukti dalam kelompok tawuran misalnya, kelompok tawuran tersebut pasti dalam lingkungan, sekolahan atau kampung yang sama.

Memahami 2 faktor diatas akan berguna bagi keluarga atau pendidik dalam melakukan penjagaan terhadap anak agar jauh dari perilaku kenakalan dan kejahatan yang menyimpang, upaya yang harus dilakukan orang tua untuk mengatasi bentuk kenakalan anak tersebut adalah menjaga anak dengan cara membekalinya dengan ilmu dan pembatasan-pembatasan,karena yang memiliki peran utama dalam pendidikan adalah para orangtua,sekolah, dan masyarakat, setelah itu baru para tokoh adat, agama dan negara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image