Rabu 13 Apr 2022 22:24 WIB

Doa yang Bisa Dibaca untuk Hari ke-12 Ramadhan

Doa hari ke-12 Ramadhan merupakan hasil ijtihad ulama

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (Ilustrasi). Doa hari ke-12 Ramadhan merupakan hasil ijtihad ulama
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi). Doa hari ke-12 Ramadhan merupakan hasil ijtihad ulama

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO– Ramadhan adalah waktu yang paling untuk meminta atau berdoa kepada Allah SWT segala hal kebaikan dari-Nya. Sehingga Nabi Muhammad SAW hingga para ulama sangat menganjurkan untuk berdoa di setiap kesempatan di bulan suci. 

Dilansir dari Elbalad, Rabu (13/4/2022), para ulama mencontohkan amalan doa yang sangat baik dibaca pada hari ke-12 Ramadhan.

Baca Juga

Terutama jika dibaca di waktu-waktu terbaik untuk berdoa di bulan Ramadhan seperti saat sahur, saat berpuasa dan sebelum berbuka. Adapun redaksi doa yang baik dibaca adalah sebagai berikut:

اللهم اقضي حاجتي وفرج كربتي وارحمني ولا تبتليني وارزقني من حيث لا احتسب 

Latin: Allahummaqdhi hajati farij kurbati warhamni wa la tabtaliini warzuqni min haitsu la ahtasib.  

Artinya: “Ya Allah, penuhi kebutuhanku, hilangkan kesusahanku, kasihanilah aku dan jangan siksa aku, dan berikan aku rezeki dari tempat yang tidak aku sangka-sangka.”

Sebagaimana hadits Rasulullah SAW, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak doa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits bersabda:

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap Muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar). Rasulullah juga bersabda: 

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ لاَ تُرَدُّ : دَعْوَةُ الوَالِدِ وَ دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَ دَعْوَةُ الْمُسَافِرِ 

Artinya: "Tiga doa yang tidak tertolak, doa orang tua, doa orang yang puasa dan doa orang musafir (bepergian).” (HR Al Baihaqi).     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement