Rabu 13 Apr 2022 20:22 WIB

Gunung Kidul Salurkan Bantuan Stimulan bagi KK Terdampak Angin Kencang

Skema pemberian bantuan stimulan di Mulusan tidak jauh berbeda dengan Semanu.

Gunung Kidul Salurkan Bantuan Stimulan bagi KK Terdampak Angin Kencang (ilustrasi).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Gunung Kidul Salurkan Bantuan Stimulan bagi KK Terdampak Angin Kencang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GUNUNG KIDUL -- Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyalurkan bantuan stimulan kepada 178 kepala keluarga terdampak angin kencang di Desa Mulusan pada 11 Maret 2022.

"Kami memberikan bantuan stimulan sebesar Rp110,25 juta untuk perbaikan 178 rumah milik warga yang terdampak angin kencang di Desa Mulusan," kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul Sri Suhartanta di Gunung Kidul, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan skema pemberian bantuan stimulan di Mulusan tidak jauh berbeda dengan Semanu beberapa waktu lalu. Besaran bantuan diberikan sesuai tingkat kerusakan bangunan rumah yang dimiliki warga terdampak.

Adapun rinciannya, sebanyak 150 kepala keluarga (KK) dengan nilai kerugian Rp5 juta mendapat bantuan stimulan Rp500 ribu. Kemudian 17 KK dengan kerugian antara Rp5 juta sampai Rp10 juta menerima dana bantuan Rp750 ribu. Sedangkan yang kerusakan tingkat berat hanya ada satu KK mendapat bantuan sebesar Rp17,5 juta.

 

"Kami berharap bantuan stimulan ini benar-benar digunakan untuk memperbaiki rumah yang rusak," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengakui nominal bantuan yang diberikan kepada warga terdampak angin kencang tidak sebanding dengan nilai kerugian yang ada. Namun, ia tetap berharap bantuan tersebut dimanfaatkan secara optimal.

"Manfaatkan bantuan ini semaksimal mungkin, sesuai kebutuhan yang ada," kata Sunaryanta.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement