Kamis 14 Apr 2022 01:01 WIB

Bekas Air Mandi Mungkin Bisa Jadi Bahan Bakar Astronaut di Mars

Perusahaan di Spanyol sedang mencari cara mengubah air limbah menjadi bahan bakar.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto planet Mars yang diambil dari Mars Reconnaissance Orbiter NASA.
Foto: CNN
Foto planet Mars yang diambil dari Mars Reconnaissance Orbiter NASA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika para astronot berangkat untuk menjelajahi Mars, mereka akan menghadapi sejumlah rintangan. Selain waktu dan energi yang dibutuhkan untuk bepergian ke sana, akan ada bahaya kesehatan yang terkait dengan misi luar angkasa jangka panjang. Ada juga bahaya dari lingkungan Mars itu sendiri. 

Atmosfer Mars yang sangat tipis dan beracun, jumlah radiasi yang tinggi di planet ini, dan fakta bahwa permukaannya sangat dingin dan lebih kering daripada gurun terkering di Bumi hanyalah beberapa dari faktor-faktor ini.

Baca Juga

Akibatnya, misi ke Mars harus bergantung pada sumber daya lokal untuk memenuhi semua kebutuhan mereka. Ini merupakan sebuah prosedur yang dikenal sebagai Pemanfaatan Sumber Daya In-Situ (ISRU). Untuk memenuhi kebutuhan propelan, tim dari perusahaan inovasi Spanyol, Tekniker, sedang mengerjakan perangkat yang mengubah air limbah astronot menjadi bahan bakar menggunakan tenaga surya. 

Di tahun-tahun berikutnya, teknologi ini mungkin menjadi penting untuk misi ke luar angkasa, termasuk Bulan, Mars, dan seterusnya.

Tekniker adalah organisasi penelitian, pengembangan, dan inovasi (R&D&I) nirlaba yang berbasis di timur laut Spanyol yang berfokus pada manufaktur maju dan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). 

Sistem fotoelektrokimia ini menggunakan bahan katalitik berefisiensi tinggi untuk mengubah CO2 atmosfer dan air limbah menjadi hidrokarbon seperti metana, karbon monoksida, atau alkohol. Teknologi ini juga bertindak sebagai mekanisme daur ulang air dengan mendetoksifikasi air limbah yang digunakan dalam proses tersebut. 

Dr. Borja Poza, seorang ahli telekomunikasi Tekniker, dan Dr. Eva Gutierrez, seorang insinyur material, merupakan pencipta dari sistem tersebut. Dilansir dalam siaran pers ESA baru-baru ini, Poza menyatakan pihaknya bertujuan untuk membuat reaktor pertama yang menghasilkan propelan ruang angkasa di Mars menggunakan udara planet ini, yaitu 95 persen karbon dioksida. Reaktor akan ditenagai oleh sinar matahari, dan greywater astronot akan digunakan untuk membantu produksi propelan.

Meskipun air cair langka di Mars, banyak bukti menunjukkan bahwa es di bawah permukaan ada di banyak wilayah. Misi masa depan akan mengumpulkan es ini sesuai dengan prosedur ISRU untuk menyediakan air minum, irigasi tanaman, sanitasi, dan pembuatan bahan bakar roket. 

Hal tersebut dicapai dengan melarutkan molekul air (H2O) menjadi molekul hidrogen (H2) dan gas oksigen (O2). Ketika elemen-elemen ini didinginkan hingga suhu kriogenik, mereka menciptakan dua komponen bahan bakar hidrogen tradisional,  hidrogen cair dan oksigen cair (LOX). 

Akibatnya, perencana misi dan pilihan lokasi pendaratan di masa depan harus menyertakan lokasi endapan es air di Mars. Ada banyak air yang terkonsentrasi di lapisan es di kutub, dan lapisan permafrost di bawah permukaan telah ditemukan di semua garis lintang.

Air es telah ditemukan 30 cm di bawah permukaan di beberapa lokasi di sekitar kutub, sehingga mudah diakses. ExoMars Trace Gas Orbiter (TGO) telah menemukan sejumlah besar es bercampur regolith di dasar Valles Marineris, sistem ngarai Mars yang luas. 

Proyek ini diajukan sebagai tanggapan atas seruan terbuka dari Platform Inovasi Luar Angkasa Terbuka (OSIP) Badan Antariksa Eropa, yang mencari ide-ide baru yang inovatif untuk aplikasi luar angkasa. 

Teknologi ini adalah salah satu dari banyak teknologi yang memungkinkan astronot dan kru untuk tinggal dan bekerja di Bulan, Mars, dan sekitarnya untuk jangka waktu yang lama. Misi pasokan ulang akan memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk tiba di pengaturan ini, membuat ketergantungan pada Bumi menjadi tidak layak. 

Ini termasuk teknologi yang akan memungkinkan astronot untuk membangun tempat tinggal di Mars yang akan melindungi mereka dari unsur-unsur dan radiasi, memproduksi dan mengolah makanan di dalam habitat ini, dan memproduksi gas oksigen dari atmosfer Mars menggunakan regolith lokal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement