Rabu 13 Apr 2022 18:42 WIB

Longsor di Perumahan Kopwani, Dinas PUPR Depok Pasang Bronjong

Masyarakat diminta waspada terhadap cuaca ekstrem yang kemungkinan masih terjadi.

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty.
Foto: Dok Pemkot Depok
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Terjadi bencana longsor di Perumahan Kopwani Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok langsung bertindak melakukan penanganan dengan pemasangan bronjong.

"Agar longsor tidak meluas, saat ini Satuan Tugas (Satgas) kami melakukan pemasangan bronjong pada sisi yang longsor di Perumahan Kopwani, Kecamatan Cilodong,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty di Kantor Dinas PUPR Kota Depok, Rabu (13/4/2022).

Menurut Citra, longsor diperkirakan sudah terjadi beberapa waktu lalu. Namun, pihaknya baru mendapat laporan sekitar satu pekan yang lalu dan langsung menerjunkan satu regu Satgas yang terdiri dari 10 orang untuk melakukan penanganan. Adapun longsor memiliki tinggi 2 meter dan panjang 12 meter.

"Penyebab longsor, karena intensitas hujan tinggi sehingga struktur tanah dan bebatuan bergerak ke tempat yang lebih rendah. Pekerjaan ini menggunakan anggaran pemeliharaan, tidak ada target. Yang jelas harus sampai selesai," ujarnya. 

Dia berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi beberapa hari ke depan berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Utamanya waspada terhadap potensi keretakan tanah yang bisa menimbulkan longsor. 

"Waspadalah dengan bencana banjir dan longsor di musim penghujan saat ini," ucap Citra. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement