Rabu 13 Apr 2022 16:00 WIB

Wapres: Alquran Manual Book Kehidupan Manusia

Wapres menilai pentingnya umat Islam membaca dan memahami isi Alquran.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Wapres saat membuka Pekan Tilawatil Quran Tingkat Nasional ke-52 Tahun 2022 di Aceh, Rabu (13/4/2022).
Foto: Istimewa
Wapres saat membuka Pekan Tilawatil Quran Tingkat Nasional ke-52 Tahun 2022 di Aceh, Rabu (13/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, umat Islam dalam menghadapi segala persoalan dan tantangan mestinya kembali kepada Alquran. Sebab, Alquran memang diturunkan Allah SWT kepada manusia sebagai buku panduan (manual book) dalam tatanan kehidupan.

"Kalau produk-produk mesti ada manual book dari pabriknya, maka manusia juga diberikan manual book dari penciptanya Allah SWT dan Al-Qur’an itulah manual booknya supaya manusia bisa hidup dengan baik sesuai dengan aturan yang mesti dilakukannya," kata Wapres saat membuka Pekan Tilawatil Quran Tingkat Nasional ke-52 Tahun 2022 di Aceh, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga

Karena itu, Wapres menilai pentingnya umat Islam membaca dan memahami isi Alquran. Sebagai panduan kehidupan manusia, Wapres menekankan, Alquran jangan hanya menjadi jargon yang kehilangan makna, tetapi umat Islam harus memahami isi Alquran secara utuh.

"Dan untuk memahaminya dibutuhkan bimbingan dan tuntunan para ulama, karena para ulama lah yang memiliki kemampuan untuk itu," kata Kiai Ma'ruf,

Wapres menjelaskan, Alquran yang berisi panduan hidup manusia, antara lain mengajarkan tentang ibadah, tata pergaulan antar manusia melalui sikap-sikap yang terpuji.

Karenanya, jika sudah memahami Alquran dengan benar dan konsisten mengamalkannya, maka tidak akan ada lagi praktik adu domba, memproduksi dan menyebarkan berita bohong, ujaran kebencian, maupun praktik-praktik yang tidak baik lainnya.

"Karena hal tersebut memang dilarang oleh Alqur’an," kata Wapres.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement