Rabu 13 Apr 2022 09:52 WIB

Honda Anggarkan Rp 915 Triliun untuk Pengembangan Kendaraan Listrik

Honda menargetkan akan memproduksi dua juta kendaraan listrik per tahun pada 2030.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Logo Honda. Honda Motor Co Ltd Jepang menganggarkan 8 triliun yen atau sekitar Rp 915 triliun untuk penelitian dan pengembangan selama satu dekade ke depan.
Logo Honda. Honda Motor Co Ltd Jepang menganggarkan 8 triliun yen atau sekitar Rp 915 triliun untuk penelitian dan pengembangan selama satu dekade ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Honda Motor Co Ltd Jepang menganggarkan 8 triliun yen atau sekitar Rp 915 triliun untuk penelitian dan pengembangan selama satu dekade ke depan. Honda menargetkan bisa meluncurkan 30 model kendaraan listrik secara global pada 2030.

"Selama 10 tahun ke depan, kami akan menginvestasikan sekitar 8 triliun yen dalam biaya penelitian dan pengembangan," kata Chief Executive Honda Toshihiro Mibe, dikutip dari Reuters pada Rabu (13/4/2022)

Baca Juga

Sebagian besar dari investasi tersebut dialokasikan untuk elektrifikasi dan teknologi perangkat lunak. Sekitar 43 miliar yen atau setara kurang lebih Rp 4,9 triliun untuk produksi baterai solid-state, yang ditargetkan akan dimulai pada musim semi 2024.

Honda menargetkan akan memproduksi dua juta kendaraan listrik per tahun pada 2030 demi mendapatkan pangsa pasar yang tumbuh cepat di sektor kendaraan listrik. Diketahui, pangsa pasar kendaraan listrik kini masih dipimpin Tesla.

Honda juga mengatakan ingin membangun jalur produksi kendaraan listrik khusus di Amerika Utara, di mana perusahaan juga akan membeli baterai Ultium dari General Motors. Selain kemitraan dengan GM, Honda mempertimbangkan mendirikan perusahaan patungan untuk produksi baterai di sana.

Diketahui, Mibe telah membuat sejumlah pernyataan yang cukup berani mengenai kendaraan listrik meski baru setahun bekerja. Pada Maret, perusahaan mengatakan akan bekerja sama dengan Sony Corp untuk mengembangkan kendaraan listrik dan mulai menjual model pertama pada 2025. Tahun lalu, Honda menargetkan 100 persen kendaraan listrik pada 2040.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement