Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

6 Hal yang Bisa Menambah Pahala pada Bulan Ramadhan, Segera Lakukan!

Rabu 13 Apr 2022 04:29 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Amalan Ramadhan

Amalan Ramadhan

6 Hal yang Bisa Menambah Pahala di Bulan Ramadhan, Segera Lakukan!

Satu bulan penuh kita akan berpuasa dan menahan diri atas berbagai nafsu dan juga keinginan yang bersifat duniawi. Selain itu, bulan Ramadhan juga akan menjadi momen terbaik untuk mengumpulkan lebih banyak pahala.

Menunaikan ibadah dengan baik dan mengumpulkan pahala yang lebih banyak merupakan hal yang difokuskan di bulan Ramadhan. Berbeda dengan bulan-bulan lainnya, di bulan yang baik ini pahala kita akan dihitung dengan berlipat ganda. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengumpulkan lebih banyak pahala bulan puasa nanti. Bulan Ramadhan yang akan datang sekali setahun saja,  jadi nikmati dengan khusyuk dan penuh hikmat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menambah pahala selama bulan Ramadhan:

 

1. Menunaikan shalat 5 waktu dengan disiplin

sholat

Ibadah di bulan ramadhan

Shalat merupakan salah satu ibadah yang paling utama bagi umat Islam. Ini adalah kewajiban yang seharusnya tidak dilupakan atau bahkan ditinggalkan sama sekali. 

Menjalankan shalat lima waktu dengan disiplin merupakan cara terbaik untuk mendapatkan pahala. Di bulan Ramadhan, ibadah dan kebaikan akan berlipat ganda pahalanya, begitu juga dengan shalat.

 Jika ingin mendapatkan lebih banyak pahala bulan puasa, maka tunaikanlah shalat lima waktu ini dengan tepat waktu. Pahala yang didapatkan bahkan akan lebih besar, jika shalat dilakukan secara berjamaah dan tepat waktu di masjid.  Awali dan akhiri salat dengan shalat sunnah rawatib, sehingga pahala yang didapatkan juga  lebih berlimpah. Agar ibadah menjadi lebih maksimal, akhiri shalat dengan berdzikir dan berdoa.

2. Rutin membaca Al Quran

Bulan Ramadhan juga menjadi bulan di mana Al Quran diturunkan untuk pertama kalinya. Selain berpuasa, rutin membaca Al Quran juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan pahala di bulan istimewa ini. Setiap huruf yang dibaca akan dihitung serupa 10 kebaikan, sehingga setiap orang bisa mengumpulkan lebih banyak pahala ketika membaca Al Quran. 

Di bulan Ramadhan, banyak umat yang berupaya untuk menyelesaikan lebih banyak bacaan Alquran, sehingga bisa mengumpulkan lebih banyak pahala.  Hal ini bisa dilakukan dengan mudah setiap kali selesai menunaikan ibadah sholat lima waktu. 

Membaca empat hingga lima halaman Al Quran setiap kali shalat, akan memungkinkan kita mengkhatamkan Al Quran di bulan  Ramadhan, bahkan sebelum hari lebaran tiba. 

Baca Juga: Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan

3. Tarawih berjamaah selama bulan Ramadhan

Kondisi pandemi Covid-19 yang sudah semakin membaik akan memungkinkan ibadah dilakukan dengan lebih leluasa, termasuk di masjid. Pada bulan puasa tahun ini, besar kemungkinan shalat tarawih di masjid sudah bisa dilakukan dengan baik, sebagaimana beberapa tahun yang lalu.

Namun jika merasa lebih nyaman untuk melakukannya di rumah, maka tidak ada salahnya untuk menunaikan shalat tarawih berjamaah di rumah saja. Shalat tarawih di rumah seperti ini bisa dilakukan bersama dengan teman atau keluarga terdekat. 

Shalat tarawih berjamaah seperti ini juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan lebih banyak pahala selama bulan puasa. 

4. Segera berbuka saat waktunya telah tiba

berbuka

Ibadah di bulan ramadhan

Berbuka puasa dengan segera setelah saatnya tiba merupakan salah satu yang dianjurkan di dalam Al Quran.  Saat adzan sudah terdengar, segeralah berbuka puasa dan tinggalkan sejenak apapun rutinitas yang sedang dilakukan. 

Jika sedang dalam perjalanan, upayakan untuk membawa menu berbuka sejak awal, meskipun itu hanya segelas air atau makanan seadanya terlebih dahulu. Jika kita tidak menunda untuk berbuka puasa ketika waktunya telah tiba, maka pahala yang didapatkan juga akan berlipat ganda.

5. Berbagi dan membantu sesama

 Bulan puasa juga menjadi momen yang tepat untuk berbagi dengan sesama. ini juga sekaligus menjadi cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak pahala di bulan suci tersebut. Sisihkan sebagian penghasilan atau harta kita untuk mereka yang membutuhkan. 

Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari berbagi makanan  berbuka puasa  dan yang lainnya. Semakin banyak kita berbagi, maka semakin banyak juga pahala yang bisa dikumpulkan. Di lain sisi,  ibadah yang satu ini juga akan mengajari kita untuk lebih banyak bersyukur.

Baca Juga: Hindari 10 Hal Makruh Ini Agar Puasa Ramadhan Lebih Maksimal

6. Menunaikan zakat dengan baik

Jangan lupa untuk menunaikan zakat fitrah di bulan Ramadhan nanti, agar ibadah selama bulan puasa tersebut menjadi sempurna. Hitung dan tunaikan zakat ini sesuai dengan ketentuan Al Quran.  

Selain menyucikan diri kita, zakat fitrah juga akan melengkapkan pahala yang didapat selama bulan Ramadhan. Tidak harus selalu dalam bentuk makanan pokok, zakat fitrah juga bisa dibayarkan kan dalam bentuk uang yang setara dengan ketentuan zakat itu sendiri.

Kumpulkan pahala yang besar selama bulan Ramadhan

Menjalankan ibadah puasa merupakan hal yang wajib  dilakukan umat muslim selama bulan Ramadhan. Selain itu, bulan suci ini juga menjadi momen yang tepat untuk mengumpulkan lebih banyak pahala dari bulan-bulan lainnya. Lakukan ibadah dengan khusuk dan khidmat, agar lebih banyak pahala baik yang bisa dikumpulkan.

Baca Juga: Manfaat Dahsyat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA