Rabu 13 Apr 2022 05:33 WIB

Rombongan KSAD Alami Kecelakaan Diduga karena Sopir Mengantuk

Dugaan sementara pengemudi mengantuk sehingga mobil keluar dari badan jalan.

Rep: Flori Sidebang, Antara/ Red: Ratna Puspita
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman
Foto: Republika/Erik PP
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil yang ditumpangi rombongan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengalami kecelakaan lalu lintas di Merauke, Papua, Selasa (12/4/2022). Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, dugaan sementara pengemudi mengantuk sehingga mobil keluar dari badan jalan.

“Saat mencoba kembali ke badan jalan, mobil tersebut hilang keseimbangan dan terguling,” kata Tatang dalam keterangan tertulis resminya di Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Kedati demikian, penyebab peristiwa ini masih dalam proses penyelidikan. "Diduga sementara merupakan kecelakaan tunggal, di mana kendaraan yang digunakan berada di luar rombongan utama Kasad," kata 

Tatang menjelaskan, kecelakaan itu bertepatan dengan kunjungan Dudung yang sedang meninjau prajurit di Satgas Yonif 123/RW di Sota, Merauke. Akibat insiden ini, jelas dia, satu orang anggota TNI atas nama Letda Cpm I Kadek Suhardiyana meninggal dunia, serta tiga orang awak media mengalami luka-luka.

 

"Saat ini para korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Angkatan Laut, Merauke," ujar Tatang.

Kapenrem 174/ATW Mayor Inf. La Haruni mengatakan, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIT itu juga menyebabkan sopir Prada Napitupulu dan kontributor Metro TV di Merauke Roy Darsono dalam keadaan kritis. Sementara itu, pada Selasa sore, jenazah Letda CPM Kadek diterbangkan ke Denpasar melalui Makassar untuk dimakamkan di kampung halamannya.

Pelepasan jenazah Letda CPM Kadek dipimpin Danrem 174/ATW Brigjen TNI Reza Pahlevi. Kasad Jenderal TNI Dudung tiba di Merauke dalam kunjungan kerjanya selama 2 hari di kota tertimur Indonesia Senin (11/4/2022) petang. Pada Selasa pagi, Kasad dan rombongan meninjau Yonif 755/Yalet, kemudian ke Sota yang merupakan perbatasan RI dan PNG untuk bertemu dengan prajurit yang bertugas di wilayah itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement