Rabu 13 Apr 2022 05:07 WIB

Polisi Dalami Klub Mobil yang Menutup Jalan Tol Soroja Bandung

Polisi mengatakan, penutupan jalan tol Soroja melanggar ketertiban umum.

Rep: Antara, Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ratna Puspita
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo.
Foto: Republika/djoko suceno
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat mengusut kasus klub mobil yang diduga bergerombol atau berkonvoi dengan menutup ruas Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), Kabupaten Bandung. Meski polisi telah menilang ketua klub tersebut, tak menutup kemungkinan unsur pidana diterapkan dalam kasus penutupan jalan tol itu.

"Yang dilakukan oleh klub-klub ini sudah melanggar ketertiban umum, kita lakukan pendalaman kembali sejauh mana unsur pidana," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo di Bandung, Selasa (13/5/2022).

Baca Juga

Adapun, peristiwa penutupan itu diduga terjadi pada 12 Maret 2022. Namun kasus itu mencuat setelah unggahan video aksi penutupan jalan tol itu tersebar di media sosial.

Sebelum adanya unggahan di media sosial itu, menurut Ibrahim, aparat kepolisian dari PJR Polda Jawa Barat telah memanggil sejumlah anggota klub mobil tersebut untuk dimintai klarifikasi. "Sejauh ini sesuai kapasitas PJR, cuma dalam batas lalu lintas, sanksinya cumatilang," katanya.

Dengan adanya peristiwa tersebut, Ibrahim menilai aksi yang dilakukan klub mobil itu mengganggu ketertiban masyarakat. Sebab, penutupan jalan tol itu membuat arus lalu lintas sempat tersendat.

Dari rekaman video yang tersebar di media sosial, kendaraan yang menutup Tol Soroja itu diduga merupakan klub mobil berjenis Honda Brio. Mobil-mobil tersebut tampak mengantre di Jalan Tol Soroja hingga menutupi ruas jalan.

Sebelumnya, Kanit 1 PJR Bandung Raya Ditlantas Polda Jabar AKP Darno mengatakan, anggota klub mobil telah meminta maaf disaksikan oleh PT CMLJ selaku pengelola Tol Soroja dan panit serta personel PJR Jabar. Dalam pernyataannya, anggota tersebut mengatakan, klub mobil yang berkumpul di Tol Soroja sedang mengadakan kegiatan kopi darat gabungan yang diikuti oleh 15 komunitas pada 12 Maret 2022. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement