Selasa 12 Apr 2022 22:45 WIB

Kemenag Babel: Pemerintah Ikuti Arab Saudi Soal Usia Maksimal Jamaah Haji

Arab Saudi berlakukan usia maksimal jamaah haji 2022 adalah 65 tahun

Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat Arab Saudi berlakukan usia maksimal jamaah haji 2022 adalah 65 tahun
Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat Arab Saudi berlakukan usia maksimal jamaah haji 2022 adalah 65 tahun

IHRAM.CO.ID, PANGKALPINANG— Pemerintah Indonesia memberlakukan batas usia calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah tahun 2022 di bawah usia 65 tahun dan sudah mendapat layanan vaksin sesuai ketentuan aturan pemerintah Arab Saudi.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Haji dan Umroh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Rohim dalam keterangan, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga

Dengan aturan tersebut, pemerintah Indonesia terpaksa tidak dapat memberangkatkan calon jamaah haji ke Tanah Suci Makkah di atas usia 65 tahun meskipun sudah mendapat nomor antrean.

"Pembatasan usia calon jamaah haji berlaku untuk semua calon haji baik yang reguler maupun calon haji khusus," ujarnya.

Dia memahami jika sebagian besar calon haji Indonesia kecewa atas aturan pemerintah Arab Saudi, terutama jamaah calon haji reguler yang didominasi lanjut usia yang awalnya menjadi prioritas diberangkatkan ke menjalankan ibadah haji.

"Calon jamaah haji yang tidak diberangkatkan alasan usia akan diganti dengan calon jamaah haji lain di nomor urut di bawahnya dengan usia yang diketahui masuk dalam aturan," katanya.

Tahun 2022 kata dia, pemerintah Kerajaan Arab Saudi menetapkan kuota calon haji sebanyak satu juta orang yang akan dibagi per negara. 

Diharapkan masyarakat Indonesia atau calon haji yang belum dapat berangkat karena aturan usia dapat memahami mengingat aturan dibuat oleh pemerintah Arab Saudi.    

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement