Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

AP I Beri Layanan Vaksinasi Penguat di Bandara YIA

Selasa 12 Apr 2022 20:24 WIB

Red: Hiru Muhammad

Penumpang memasuki area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5).

Penumpang memasuki area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5).

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
PT AP I masih koordinasi dengan Dinkes DIY terkait vaksin Covid-19 yang dialokasikan

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa hari ini, memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19, khususnya dosis penguat atau booster bagi penumpang yang baru menjalani vaksinasi kedua.

Pelaksana tugas sementara General Manager Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Selasa (12/4/2022), mengatakan syarat penerbangan terbaru, yakni penumpang yang masih sampai vaksin dosis kedua wajib tes usap antigen, sedangkan penumpang yang sudah vaksin booster bebas melakukan perjalanan udara."Untuk ini, kami membuka layanan vaksin booster bagi penumpang. Kami sudah koordinasi dengan dinas kesehatan dan kantor kesehatan pelabuhan sebagai penyelenggara, kami juga melayani vaksinasi bagi masyarakat umum dan komunitas bandara," kata Agus Pandu.

Baca Juga

Ia mengatakan kelanjutan pelayanan vaksin booster di Bandara Internasional Yogyakarta menunggu hasil evaluasi dari animo masyarakat memanfaatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga ini, khususnya jam operasional. Saat ini, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinkes DIY untuk kuota vaksin Covid-19 yang dialokasikan untuk vaksinasi di Bandara Internasional Yogyakarta. "Saat ini, kami baru diberi alokasi 30 orang per hari, kami berharap ke depan kuota vaksin lebih. Kam mengharapkan dukungan dari pemerintah. Dokter yang melayani vaksin di bandara ada," katanya.

Agus Pandu mengatakan pelayanan vaksinasi booster ini mengikuti dari harapan pemerintah pusat, masyarakat sebelum Lebaran 2022 sudah mendapat vaksin booster."Vaksinasi booster ini juga sebagai kesiapan Bandara Internasional Yogyakarta untuk mendukung masyarakat yang akan mudik lebaran," katanya.

Dia mengatakan syarat mengikuti vaksinasi booster ini, yakni usianya di atas 18 tahun, dan menunjukkan kartu identitas, dan kartu vaksin, serta jarak vaksin tiga bulan dari sebelumnya."Selengkapnya datang saja untuk melakukan vaksin di Bandara Internasional Yogyakarta," katanya.

Soal jenis vaksin yang digunakan, Pandu menyebut bahwa posko vaksinasi booster di Bandara Internasional Yogyakarta menggunakan seluruh jenis vaksin. Mulai dari Sinovac, AstraZeneca hingga Moderna. Namun ini juga tergantung dari kebijakan Dinas Kesehatan DIY selaku penyuplai vaksin."Semua jenis vaksin, jadi nanti sesuai dengan ketersediaan dari Dinas Kesehatan Provinsi (DIY). Bisa Sinovac, bisa AstraZeneca, Moderna, ada semua," katanya.

 

sumber : antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA