Selasa 12 Apr 2022 19:20 WIB
SEA GAMES 2021

Tenis Bertekad Pertahankan Gelar Juara Umum di SEA Games Vietnam

Timnas tenis Indonesia akan turun pada tujuh nomor yang dipertandingkan di SEA Games.

Petenis ganda putra Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi yang berpasangan dengan Christoper Rungkat akan menjadi andalan Indonesia di SEA Games Vietnam 2022.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Petenis ganda putra Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi yang berpasangan dengan Christoper Rungkat akan menjadi andalan Indonesia di SEA Games Vietnam 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) tenis Indonesia bertekad mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada SEA Games 2019 Filipina. Indonesia ingin kembali mengulangi pencapaian tersebut di SEA Games Vietnam bulan depan, dengan mengirimkan 10 atlet, yang terdiri atas lima putra dan lima putri.

"Kalau bisa tetap bertahan di juara umum, tapi tidak mudah karena Vietnam juga pemainnya bagus-bagus. Mudah-mudahan saja target kita dapat terpenuhi," ujar Ketua Umum Persatuan Lawn Tenis Indonesia (PP Pelti), Rildo Anwar, ditemui di lapangan tenis Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga

Untuk dapat mengulang kesuksesan tersebut, timnas tenis harus dapat membawa pulang setidaknya tiga medali emas. Peluang untuk mendapatkan lebih banyak medali menjadi lebih besar. Sebab nomor beregu putra dan putri kembali di pertandingkan pada SEA Games edisi kali ini. Dua nomor tersebut terakhir kali dipertandingkan pada SEA Games 2015 Singapura dan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang di mana timnas Indonesia berhasil meraih medali.

Timnas tenis Indonesia akan turun pada tujuh nomor yang dipertandingkan, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, ganda campuran, beregu putra dan beregu putri.

Ganda campuran Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi, yang membawa pulang emas pada SEA Games Filipina, tetap menjadi tumpuan. Aldila juga diharap dapat kembali meraih emas dalam pesta olahraga Asia Tenggara itu. 

Hal yang sama juga diharapkan pada ganda putri Beatrice Gumulya/Jessy Rompies. Dengan melihat prestasi sektor putri, timnas tenis optimistis dapat mendapatkan hasil terbaik pada nomor beregu putri.

Sementara itu, nomor ganda putra juga diharap menyumbang medali dengan diturunkannya duet Christopher Rungkat/Muhammad Rifqi Fitriadi. Keduanya berhasil mengalahkan pasangan Venezuela dalam laga Playoff Grup II Piala Davis pada Maret lalu.

Saat ini, pelatih regional pelatnas Okki Yonda mengatakan bahwa kesiapan para atlet telah mencapai 90 persen. "Performa itu ditentukan beberapa faktor. Fatigue-nya harus bisa di-manage, jangan sampai fitness-nya kuat, fatigue-nya juga tinggi, tapi harus meminimalisir fatigue-nya sehingga nanti dapat performanya di lapangan," kata Okki.

Berikut sepuluh atlet tenis yang akan berkompetisi pada SEA Games 2022.

1. Chrisropher Rungkat

2. Aldila Sutjiadi

3. Beatrice Gumulya

4. Jessy Rompies

5. Muhammad Rifqi Fitriadi

6. Novela Rezha Millenia Putria Sari

7. Fitriani Sabatini

8. Achad Imam Ma'ruf

9. Tegar Abdi Satrio Wibowo

10. Rifky Sukma Ramadhan

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement