Delapan Ide Berbuka Puasa Sehat

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Apr 2022 04:55 WIB

Pramusaji (kiri) menyajikan menu makanan berbuka puasa khas timur tengah di salah satu rumah makan Arab di Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/4/2022). Rumah makan bernuansa Timur Tengah tersebut menjadi salah satu tempat favorit warga untuk berbuka puasa dengan berbagai menu khas Arab Saudi pada Ramadhan 1443 Hijriyah. Delapan Ide Berbuka Puasa Sehat Foto: Antara/Irwansyah Putra Pramusaji (kiri) menyajikan menu makanan berbuka puasa khas timur tengah di salah satu rumah makan Arab di Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/4/2022). Rumah makan bernuansa Timur Tengah tersebut menjadi salah satu tempat favorit warga untuk berbuka puasa dengan berbagai menu khas Arab Saudi pada Ramadhan 1443 Hijriyah. Delapan Ide Berbuka Puasa Sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buka puasa menandakan berakhirnya periode puasa. Saat matahari terbenam, keluarga dan teman biasanya berkumpul di sekitar meja makan. Meskipun berbuka puasa adalah pengalaman yang menyenangkan, namun bisa jadi menakutkan bagi mereka yang mencoba tetap menjalani diet sehat selama Ramadhan.

Sangat penting untuk makan makanan berbuka puasa secara seimbang karena apa yang Anda makan dapat mengisi kembali sumber energi dan membantu Anda tetap berpuasa pada hari berikutnya. Untuk menerima nutrisi yang dibutuhkan tubuh, Anda harus berusaha ekstra makan makanan yang benar.

Baca Juga

Ramadhan adalah kesempatan untuk mengembangkan kebiasaan makan sehat yang akan bertahan lama setelah bulan puasa berakhir. Kami telah mengumpulkan beberapa petunjuk untuk membantu Anda berbuka puasa dengan cara yang lebih sehat dan tetap sehat selama sisa Ramadhan.

Delapan Ide Berbuka Puasa Sehat

1. Tetap terdehidrasi sebelum makan

Minum banyak cairan, seperti air, jus segar, atau susu. Ini akan membuat Anda tetap terhidrasi dan memberi tubuh Anda cairan yang dibutuhkannya.

Sumber hidrasi terbaik adalah air. Untuk menghindari memperlambat pencernaan, minumlah satu-dua gelas air sebelum makan. Minuman manis harus dihindari karena mengandung gula dan kalori tinggi.

2. Buka puasa dengan kurma

Kurma secara tradisional dimakan pada awal makan berbuka puasa. Mereka memberi tubuh Anda energi yang sangat dibutuhkan karena mereka adalah aliran gula alami yang bergizi.

Jika Anda mengalami sakit kepala selama jam-jam puasa, itu mungkin karena gula darah rendah. Mulai buka puasa dengan dua kurma untuk mengisi kembali kadar gula Anda.