Selasa 12 Apr 2022 15:49 WIB

BI Sumbar Siapkan Rp 3,9 Triliun untuk Penukaran Uang Baru

Penukaran uang dapat dilakukan dengan mendaftar lebih dulu di aplikasi Pintar.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Friska Yolandha
Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Barat menyiapkan uang baru sebanyak Rp 3.939.876.500 untuk penukaran uang baru.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Barat menyiapkan uang baru sebanyak Rp 3.939.876.500 untuk penukaran uang baru.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Barat menyiapkan uang baru sebanyak Rp 3.939.876.500 untuk penukaran uang baru. Uang sebanyak itu dapat ditukarkan melalui mobil kas keliling yang disebarkan BI Sumbar ke sejumlah kabupaten/kota.

“Dengan mengangkat tema Serambi Rupiah Ramadhan: Belanja Bijak Rawat Rupiah, Bank Indonesia Sumatera Barat pada Ramadhan 1443H/2022M siapkan uang senilai total Rp 3.939.876.500,” kata Kepala BI Perwakilan Sumatra Barat, Wahyu Purnama, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga

Wahyu menambahkan penukaran uang baru ini dapat dilakukan pada kas keliling Bank Indonesia dengan terlebih dahulu mendaftar pada aplikasi pintar yang dapat diakses melalui https://www.pintar.bi.go.id/, Selanjutnya silahkan pilih lokasi yang tersedia.

Ada 7 titik lokasi penukaran uang baru di Sumatra Barat. Titik tersebut di antaranya di Kabupaten Pasaman Barat tepatnya di Halaman Kantor Cabang Bank Nagari. kemudian di Kota Solok yang juga berlokasi di Halaman Kantor Cabang Bank Nagari. 

Di Kota Padang Panjang, masyarakat juga dapat menukarkan uang di Bank Nagari Cabang Kota Padang Panjang. Di Kabupaten Tanah Datar, uang dapat ditukarkan di Kantor Bank Nagari cabang Batusangkar.

Di Kabupaten Dharmasraya, masyarakat bisa melakukan penukaran di Kantor Cabang Bank Nagari setempat. Begitu juga dengan di Kabupaten Pasaman, uang baru dapat ditukarkan di Bank Nagari.

Khusus untuk Kota Padang, kata Wahyu, uang baru dapat ditukarkan di semua Bank umum. “Caranya sesuai aturan dan ketentuan masing-masing bank umum tersebut,” ujar Wahyu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement