Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Tingkatkan Layanan Kesehatan, FKG Unissula Perkuat Teknologi Kedokteran Gigi

Selasa 12 Apr 2022 15:39 WIB

Rep: bowo pribadi/ Red: Hiru Muhammad

foto ilustrasi: Salah satu gedung di sudut kampus Unissula Semarang

foto ilustrasi: Salah satu gedung di sudut kampus Unissula Semarang

Foto: Unissula
Teknologi Digital Dentistry ini telah diaplikasikan dalam pembelajaran mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Perkembangan teknologi telah berpengaruh signifikan terhadap perkembangan dunia kedokteran, tak terkecuali di bidang kedokteran gigi.

Sudah menjadi keniscayaan layanan kesehatan gigi dibutuhkan SDM kesehatan (dokter) dengan kemampuan dan adaftif terhadap perkembangan teknologi terkini.

Baca Juga

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula, Dr drg Yayun Siti Rochmah SpBM mengatakan, menyikapi hal ini, penting bagi mahasiswa beradaptasi dengan teknologi kedokteran gigi terkini. Salah satunya adalah Digital Dentistry atau teknologi bidang kedokteran gigi yang telah menggunakan komponen berbasis komputer atau digital.

Teknologi Digital Dentistry ini telah diaplikasikan dalam proses pembelajaran mahasiswa FKG Unissula guna melengkapi kompetensi dan keahliannya. "Sehingga ke depan apabila teknologi Digital Dintistry ini diaplikasikan mereka tidak akan gagap dan kaget," ungkapnya, di kampus FKG Unissula Semarang, Selasa (12/4/2022).

Ia juga mengungkapkan, guna menjawab kebutuhan layanan kesehatan gigi, FKG Unissula menerapkan sistem pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan.

Seperti melakukan berbagai inovasi pada metode pembelajaran dan terus mengevaluasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan serta  perkembangan kesehatan gigi ke depan.

Sistem pembelajaran FKG Unissula menggunakan Islamic Cyber Dentistry (ICD), yang bisa digunakan mahasiswa untuk mengakses referensi perkuliahan hingga pengumpulan tugas kuliah. Disamping itu FKG Unissula juga menerapkan Budaya Akademik Islami. Dengan budaya akademik ini diharapkan lulusan FKG Unissula tidak hanya menguasai bidang kedokteran gigi.

Namun juga memiliki karakter sumber daya insani yang islami sebagai bagian terpenting dari perwujudan generasi khaira ummah sebagai dokter gigi sekaligus umat terbaik.Dokter gigi terbaik tidak hanya terampil dalam skill kedokteran gigi, tetapi juga mempunyai akhlak yang islami. "Inilah yang jadi harapan kami, kepada para lulusan FKG Unissula,” tegasnya.

Beberapa universitas luar negeri yang sudah bekerjasama dengan FKG Unissula diantaranya Universitas Ibn Zohr Maroko, Japan Hiroshima University Jepang dan Cyber Jaya University Malaysia. Selain itu juga Universiti Sains Malaysia, International Islamic University Malaysia, dan Naresuan University Thailand.

Saat ini FKG Unissula sudah terakreditasi A dari LAM-PTKes, dan terakreditasi internasional ASIC. Selain itu juga sedang menyiapkan akreditasi Asean University Network (AUN). "Sehingga peluang kerja lulusan sangat luas, seperti menjadi PNS, pegawai Dinkes, dosen, bahkan pengusaha dengan pengembangan ketrampilan dan kompetensinya," kata Yayun.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA