Selasa 12 Apr 2022 17:30 WIB

Anggota Pramuka Arab Saudi Lanjutkan Tugas di Masjidil Haram Setelah Absen Dua Tahun

Anggota Pramuka Saudi Lanjutkan Tugas di Masjidil Haram Setelah Absen Dua Tahun.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Anggota Pramuka Arab Saudi Lanjutkan Tugas di Masjidil Haram Setelah Absen Dua Tahun. Foto;):  Para pramuka Arab Saudi membagikan minuman pada jamaah haji Indonesia setibanya di Bandara King Abdulaziz, akhir pekan lalu. Sedikitnya 8.000 pramuka Saudi dikerahkan membantu jamaah haji tahun 2018.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Anggota Pramuka Arab Saudi Lanjutkan Tugas di Masjidil Haram Setelah Absen Dua Tahun. Foto;): Para pramuka Arab Saudi membagikan minuman pada jamaah haji Indonesia setibanya di Bandara King Abdulaziz, akhir pekan lalu. Sedikitnya 8.000 pramuka Saudi dikerahkan membantu jamaah haji tahun 2018.

IHRAM.CO.ID,JEDDAH -- Pramuka Arab Saudi memulai kembali tugas mereka di bulan Ramadhan setelah jeda dua tahun akibat pandemi Covid-19. Mereka yang ikut dalam kegiatan pramuka ini merupakan siswa berusia 17 tahun ke atas dari Departemen Pendidikan Makkah.

Pekerjaan sukarela melayani jamaah di Masjidil Haram ini dilakukan bekerja sama dengan Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci dan Pasukan Keamanan Khusus Makkah.

Baca Juga

Kepala Departemen Kegiatan Kepramukaan Departemen Pendidikan Makkah, Ziad Qadeer, mengatakan hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan anak laki-laki agar menjadi individu yang baik, yang akan berkontribusi untuk membangun masyarakat di masa depan.

Setiap tahun, jumlah anggota pramuka mengalami peningkatan, karena unit pramuka baru dibentuk di tiga tahap sekolah, yaitu sekolah dasar, menengah dan tinggi.

 

Lebih dari 160 pemimpin pramuka baru, yang bergabung dengan Departemen Pendidikan Makkah, telah dilatih dan memenuhi syarat untuk memimpin unit pramuka mereka musim ini.

"Setelah scout boysweare yang memenuhi syarat dipilih, kami memperkenalkan mereka tentang pentingnya prinsip dalam berurusan dan berkomunikasi dengan jamaah, karena itu adalah dasar dari layanan yang mereka berikan," ujar Qadeer dikutip di Arab News, Selasa (12/4).

Anggota pramuka ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama ditugaskan ke beberapa lokasi di berbagai lantai Masjidil Haram termasuk mataf dan area sholat lainnya. Selain itu, mereka juga akan mendistribusikan makanan berbuka puasa yang dilakukan oleh badan amal yang disetujui.

Kelompok kedua bekerja setelah shalat Maghrib hingga salat Tarawih berakhir di Masjidil Haram. Mereka bertugas mengarahkan jamaah ke tempat-tempat shalat yang ditentukan, bukan koridor, untuk mencegah kepadatan dan memfasilitasi kelancaran pergerakan jamaah.

Pada 2021, para pemimpin pramuka hanya diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam mengatur dan membantu jamaah selama Ramadhan dan musim haji. Namun tahun ini, semua anak pramuka diizinkan untuk berpartisipasi dalam berbagai tugas karena kehidupan berangsung kembali normal.

Pramuka Perintis Mohammed Al-Zbidi berbicara tentang kembalinya pramuka untuk membantu selama Ramadhan tahun ini. Al-Zbidi, yang bergabung dengan Pramuka Makkah pada 1994, mengatakan segera setelah tugas pramuka siswa diumumkan ia merasa semangat dan energi itu telah kembali.

Para siswa kembali dengan penuh semangat, vitalitas dan cinta untuk kerja. Adapun anggota pramuka juga akan menjadi bagian dari sejumlah program, acara, dan inisiatif sukarela.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2061271/saudi-arabia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement