8 Tips Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Berpuasa

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Selasa 12 Apr 2022 08:18 WIB

Tips mengatasi rasa malas bekerja saat berpuasa(ilustrasi). Foto: Pixabay Tips mengatasi rasa malas bekerja saat berpuasa(ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menjaga semangat bekerja saat sedang berpuasa Ramadhan terkadang memang sulit. Namun sebetulnya ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk tetap produktif selama bulan suci Ramadhan, sebagaimana dilansir Albawaba, Ahad (10/4/2022).

Pertama, buat perencanaan harian. Beberapa orang mungkin kesulitan untuk fokus mengerjakan sesuatu di hari tertentu sehingga berhenti di tengah jalan pada hari itu. Maka, salah satu cara terbaik untuk menghemat energi Anda adalah dengan merencanakan apa yang akan Anda kerjakan di hari sebelumnya. Mengetahui persis seperti apa hari Anda akan membantu memutuskan hal apa yang Anda perlu fokuskan.

Baca Juga

Kedua, selesaikan tugas yang paling penting terlebih dahulu. Jika Anda memiliki tugas yang sangat penting yang harus diselesaikan, maka Anda harus menyelesaikannya terlebih dahulu. Dengan cara ini Anda akan terdorong dan fokus sepanjang hari. Beberapa pebisnis terkemuka di seluruh dunia bahkan percaya akan pentingnya menyelesaikan tugas terpenting mereka di pagi hari, karena saat itulah mereka paling fokus, proaktif, dan produktif.

Ketiga, minum banyak air sehari sebelumnya. Setiap orang tentu harus tetap terhidrasi demi kesehatan secara keseluruhan. Minum banyak air setelah berbuka puasa sangat penting untuk memastikan Anda tetap terhidrasi pada hari berikutnya. Dehidrasi dapat secara signifikan memengaruhi fungsi tubuh kita, yang pada gilirannya memengaruhi produktivitas kita secara keseluruhan. Karena itu, minum air putih dapat membantu Anda tetap fokus dan meningkatkan kinerja Anda.

Keempat, makan dengan baik dan tepat. Makan makanan yang kaya vitamin, serat dan mineral sangat penting bagi tubuh Anda untuk menjaga dan mempertahankan energi untuk hari berikutnya. Jika Anda adalah seseorang yang tidak dapat melewati hari tanpa makanan, maka perlu lebih memperhatikan apa yang Anda makan.

Memilih jenis makanan yang tepat yang akan membuat Anda merasa kenyang dan berenergi, sangat penting untuk menjaga momentum Anda sepanjang hari. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan bahwa Anda tidak minum atau makan makanan yang akan membuat terjaga sepanjang malam.