Selasa 12 Apr 2022 07:14 WIB

LA Lakers Tendang Frank Vogel dari Kursi Pelatih

Ini salah satu musim paling mengecewakan yang dialami Lakers dalam sejarah NBA.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Frank Vogel. Ia kini bukan lagi pelatih Lakers.
Foto: AP/Jim McIsaac/FR170481 AP
Frank Vogel. Ia kini bukan lagi pelatih Lakers.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Los Angles Lakers memecat pelatih Frank Vogel. Sebelumnya akhli taktik 48 tahun itu gagal membawa Lakers ke jalur play off.

Ini salah satu musim paling mengecewakan yang dialami Lakers dalam sejarah NBA. Mereka menutup musim ini dengan catatan 33-49. Pada Senin (11/4), Stanley Johnson dan rekan-rekan sempat mengalahkan Denver Nuggets 146-141. Sebuah kemenangan yang tak mengubah nasib tim tersebut.

Baca Juga

Manajer Umum Lakers, Rob Pelinka menjelaskan keputusan mereka. Pihaknya sangat menghormati Vogel baik secara profesional maupun personal. Tapi langkah solutif harus diambil.

"Kami akan selamanya berterima kasih kepadanya atas karyanya dalam membimbing kami ke kejuaraan NBA 2019-20. Ini adalah keputusan yang sangat sulit untuk dibuat, tetapi kami merasa perlu melakukannya saat ini. Kami semua di sini mendoakan Frank dan keluarga agar mendapatkan yang terbaik di masa depan," kata Pelinka, dikutip dari upi.com, Selasa (12/4).

Ia menegaskan pencapaian Vogel akan selalu dikenang. Pada musim 2019/20, di eranya, Lakers menjadi juara NBA. Semusim berselang mereka kalah di ronde pertama play off. Seperti sudah disinggung sebelumnya, musim ini, Malik Monk dkk gagal menembus play off.

Lakers finis di posisi ke-11 klasemen wilayah barat. Pemilik Staples Center arena juga gagal mencapai turnamen play-ini sejak awal bulan ini. Tepatnya sejak dikalahkan Phoenix Suns.

"Dia menjadi pelatih hebat di sini, dan dia akan menjadi pelatih hebat di tempat lain. Kami hanya merasa sudah waktunya mencari pemimpin baru," ujar Pelinka.

Sebelumnya, Vogel mendapat kontrak tiga tahun di Lakers. Artinya, masa tugas yang bersangkutan seharusnya hingga akhir musim 2022/23. Dalam laporan ESPN, Pelinka mengaku belum menyusun daftar potensial calon pengganti sang arsitek.

Terlebih dahulu mereka mengevaluasi semua aspek. Itu dimulai dari manajemen hingga pemain. Sehingga bisa memberi pertanggung jawaban pada penggemar.

Bintang Lakers, LeBron James ikut bereaksi. Sama seperti manajernya, ia menaruh respek pada eks mentornya. Ia melihat Vogel selalu memberikan segalanya ketika bertugas.

"Saya menghormati Frank sebagai pelatih dan sebagai seorang pria. Kemitraan yang kami yang kami miliki selama beberapa tahun di sini berisi percakapan yang jujur ​​dan hebat. Ini adalah pria yang memberikan segalanya untuk permainan dan mempersiapkan kami dengan baik setiap malam," ujar eks Forward Cleveland Cavaliers dan Miami Heat itu, dikutip dari ESPN.

James tak banyak unjuk gigi di musim ini. Lakers hanya bisa menurunkan dirinya bersama Anthony Davies dan Russel Westbrook dalam 21 pertandingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement