Selasa 12 Apr 2022 11:48 WIB

Relawan Siap Deklarasi Ridwan Kamil Capres di 10 Provinsi

Gerakan deklarasi itu akan dilakukan dari Aceh hingga Papua.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gebernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gebernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dukungan relawan mendorong Ridwan Kamil maju sebagai Calon Presiden 2024 akan terus bertambah. Rencananya relawan di 10 provinsi akan segera menggelar deklarasi dukungan.

Menurut Juru bicara Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) Nunung Sanusi, pihaknya saat ini tengah mematangkan rencana deklarasi tersebut.  "Ada sekitar tujuh sampai 10 provinsi yang akan deklarasi dalam waktu dekat," ujar Nunung, Senin (12/4/2022).

Rencananya, kata dia, gerakan deklarasi itu akan dilakukan dari Aceh hingga Papua. Pertama tim relawan Provinsi Lombok deklarasi dukungan untuk Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, pada 12 April. 

Lalu, kata dia, pada 14 April Provinsi Papua dan Aceh berbarengan mendeklarasikan dukungannya. Kemudian, dilanjutkan pada 15 April yakni Provinsi Sumut. Berikutnya pada 17 April di Provinsi Batam.

"Di Jabar nanti tanggal 20 April. Kita persiapkan agar maksimal. Walaupun dengan prokes ketat dan lainnya," katanya.

GNIJ mengatakan, alasan mantapnya dukungan terhadap Emil. "Kang Emil merupakan anak bangsa yang luar biasa. Merintisnya dari dosen, kemudian jadi wali kota, dan sekarang gubernur. Hitungannya sangat matang, tidak abai prestasi," katanya.

Selain mewakili tokoh Sunda, kata dia, mantan Wali Kota Bandung ini memiliki sederet prestasi saat menjabat sebagai kepala daerah juga arsitek. "Dikenal karena karyanya di mana-mana, di luar negeri atau di berbagai provinsi. Emil juga seorang arsitek. Sehingga memudahkan kitauntuk menyampaikan informasi ke teman-teman di provinsi lain," katanya.

Sementara menurut Ketua Pengurus Wilayah GNIJ Jabar Syarif Hidayat, seluruh perwakilan relawan dari 27 daerah di Jabar akan mendeklarasikan dukungannya terhadap Emil. Ia berharap, figur ini bisa menjadi capres mewakili masyarakat Jabar.

"Kita harus punya keterwakilan di nasional. Kang Emil adalah orang yang pantas dan kita sebagai masyarakat Jabar yang penduduknya banyak harus sadar. Tim ini ingin membangun kesadaran masyarakat," katanya.

Sebelumnya hasil survey terbaru yang digelar Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Prospek Presiden 2024” Updated Survei Nasional: 13 – 20 Maret 2022 menunjukan posisi Ridwan Kamil sebagai tokoh yang disukai publik masih tinggi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement