Senin 02 May 2022 01:39 WIB

Inikah Galaksi Paling Awal yang Berhasil Diamati Ilmuwan?

GN-z11 merupakan pemegang rekor galaksi terjauh saat ini yang ditemukan pada 2016.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Astronom mengidentifikasi HD1 sebagai galaksi terjauh.
Foto: Harikane et al via science alert
Astronom mengidentifikasi HD1 sebagai galaksi terjauh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para astronom mungkin telah menemukan galaksi terjauh yang pernah ditemukan. Yuichi Harikane (University of Tokyo) dan tim internasional menjelaskan penemuan dua sumber yang tampaknya memancar dari 330 juta tahun setelah Big Bang. Penelitian ini tertuang dalam dua publikasi yang dirilis ke the Astrophysical Journal dan Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

Pengamat sebelumnya telah menemukan beberapa galaksi dalam beberapa ratus juta tahun pertama alam semesta. GN-z11 merupakan pemegang rekor galaksi terjauh saat ini yang  diumumkan oleh Pascal Oesch (Universitas Jenewa) pada tahun 2016. Pergeseran merah GN-z11 sekitar 11, yang berarti kita mengamatinya 420 juta tahun setelah awal alam semesta yang dapat diamati. Kini, temuan baru mengamati sebuah galaksi yang berasal dari 330 juta tahun setelah Big Bang. Galaksi itu adalah HD1 dan HD2.