Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Sektor Pariwisata di Kuartal Kedua 2022 Diprediksi Terus Membaik

Senin 11 Apr 2022 20:36 WIB

Red: Nora Azizah

Warga mengunjungi kawasan Taman Hutan Raya Bunder, di Patuk, Gunungkidul, D.I Yogyakarta.

Warga mengunjungi kawasan Taman Hutan Raya Bunder, di Patuk, Gunungkidul, D.I Yogyakarta.

Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko/rwa.
Dibukanya akses perjalanan membuat sektor pariwisata terus membaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Co-founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa memprediksi sektor pariwisata Tanah Air di Q2 (kuartal kedua) 2022 akan membaik seiring dengan semakin membaiknya penanganan pandemi COVID-19. Gaery menyebutkan, relaksasi regulasi dibukanya akses perjalanan dari luar ke dalam negeri juga turut membantu sektor pariwisata untuk kembali gemilang setelah dalam kuartal pertama 2022 ini mulai bertumbuh.

"Kuartal kedua ini akan lebih menarik daripada kuartal pertama. Kenapa? Karena kuartal pertama saja kita masih mengalami lonjakan kasus Omicron di Januari dan Februari, baru pariwisata berkembang lagi Maret. Nah untuk kuartal kedua ini di April- Juni, momentumnya pas karena setelah Ramadhan lalu Lebaran, ada masa libur sekolah," kata Gaery dalam konferensi pers, Senin (11/4/2022).

Baca Juga

Lebih lanjut, Gaery menyebutkan, di momen libur sekolah ini nampaknya orang perjalanan keluarga akan meningkat. Hal ini mengingat di Indonesia anak- anak sekolah sudah menjalani kembali pertemuan tatap muka dan tentunya liburan secara fisik dibutuhkan untuk memberi penyegaran kepada anak- anak itu. Ia pun optimistis dengan potensi berkembangnya pariwisata Tanah Air mengingat akan cukup banyak turis mancanegara yang melakukan revenge travelatau liburan untuk membayar dua tahun dibatasinya akses wisata akibat pandemi.

"Prediksi saya nantinya dari turis internasional akan semakin banyak yang ke Indonesia beriringan dengan relaksasi regulasi wisata internasional, artinya akan ada peningkatan turis internasional yang masuk ke Indonesia. Bali itu sudah pasti jadi destinasi favorit, tapi jangan salah karena destinasi wisata Indonesia di luar Bali pun kini jadi sorotan,"ujar Gaery.

Sementara itu membahas kondisi pariwisata di kuartal pertama, Tiket.com mencatat rupanya terjadi peningkatan yang signifikan antara kuartal pertama 2022 dan 2021. Dari segi perjalanan udara menggunakan pesawat, tiket.com mendapatkan peningkatan sebesar 93 persen. Sementara untuk perjalanan darat mendapatkan peningkatan hingga 275 persen, dan untuk pemesanan akomodasi penginapan dan hotel meningkat hingga 80 persen.

Menurut Gaery ini menjadi sejarah bagi pariwisata Indonesia, karena setelah dua tahun terakhir mengalami kesulitan akibat pembatasan kegiatan akibat pandemi COVID-19 akhirnya pariwisata Indonesia perlahan mulai bangkit. Melihat perkembangan di kuartal pertama 2022 yang menunjukkan hasil positif, maka dari itu Gaery optimistis di kuartal kedua pariwisata Indonesia bisa meraih hasil yang semakin gemilang.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA