Senin 11 Apr 2022 19:53 WIB

Komisi VIII Sarankan Menag Lobi Saudi untuk Penambahan Kuota Haji

2022 Komisi VIII Sarankan Menag Lobi Saudi untuk Penambahan Kuota Haji

Rep: Amri Amrullah/ Red: Muhammad Hafil
 Komisi VIII Sarankan Menag Lobi Saudi untuk Penambahan Kuota Haji. Foto:  Penambahan Kuota Haji (Ilustrasi)
Foto: Dok: Republika.co.id
Komisi VIII Sarankan Menag Lobi Saudi untuk Penambahan Kuota Haji. Foto: Penambahan Kuota Haji (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengatakan masyarakat patut bersyukur atas putus Arab Saudi yang mengumumkan untuk membuka ibadah haji tahun 2022. Namun ia juga meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk melobi pemerintah Arab Saudi agar mendapat kuota maksimal atau penambahan kuota bagi jemaah haji asal Indonesia.

“Alhamdulillah tahun ini jemaah asal Indonesia insyaallah berangkat ke tanah suci, walaupun dengan kuota terbatas dan dengan pembatasan umur," kata Yandri dalam keterangan persnya, Senin (11/4/2022).

Baca Juga

Namun, kata Yandri, untuk jumlah pastinya tentu Indonesia masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi. Penetapan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) juga sangat bergantung pada kuota haji yang dialokasikan dan juga lamanya jemaah menetap di sana.

"Ya sangat tergantung berapa lama jemaah haji di tanah suci dan lainnya," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Meskipun posisi Indonesia masih menunggu alokasi kuota, menurut Yandri, Kementerian Agama bisa melakukan lobi agar Arab Saudi memberikan kuota maksimal kepada Indonesia. Yakni mislanya, dengan memanfaatkan kuota yang tidak terpakai oleh negara lain.

"Lobi tetap bisa dilakukan biar dapat kuota maksimal atau kalau ada kuota negara lain yang enggak dipakai ini bisa dilobi untuk jadi tambahan kuota Indonesia," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement