Senin 11 Apr 2022 17:50 WIB

Spotify Uji Fitur Umpan Pribadi Mirip TikTok

Umpan video vertikal akan merekomendasikan 15 lagu baru bagi pengguna.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Layanan streaming musik Spotify.
Foto: EPA
Layanan streaming musik Spotify.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Layanan streaming musik Spotify mengumumkan pengujian beta umpan pribadi yang akan memperkenalkan pengguna ke musik baru di halaman beranda menggunakan loop canvas berisi Graphics Interchange Format (GIF). Loop canvas yang dirilis pada 2019 merupakan GIF vertikal yang diputar di lagu tertentu.

Loop Canvas memutar bagian dari video musik yang mengiringi lagu dan memutar iklan untuk konser atau rilis album artis yang akan datang.

Baca Juga

Pemimpin produk Chris Messina mengunggah cuitan video Spotify yang menguji fitur tersebut pada November 2021. Dia menunjukkan serangkaian video yang diputar bersama dengan lagu-lagu dengan gaya yang sama dengan TikTok.

Cara kerja feed baru Spotify

Mulai Jumat (8/4/2022), Spotify akan menguji umpan pribadi bergaya TikTok di halaman beranda aplikasi untuk pengguna yang tinggal di Inggris, Irlandia, Australia, Selandia Baru, dan Kanada. Setiap hari, umpan video vertikal akan merekomendasikan 15 lagu baru bagi pengguna untuk menggulir, melihat pratinjau, dan melihat loop canvas untuk setiap lagu yang ditambahkan ke daftar putar mereka.

Jika mereka menyukai lagu yang direkomendasikan, mereka dapat mengikuti artis dan membagikannya dengan orang lain di umpan media sosial, seperti Instagram, dan Canvas akan diputar di story mereka. Sayangnya, tidak semua orang menyukai gagasan loop canvas saat diluncurkan di Spotify tiga tahun lalu.

Dilansir SlashGear, Senin (11/4/2022), bagi sebagian orang, fitur itu dinilai mengganggu terutama saat pengguna sedang mengemudi. Canvas mungkin merupakan inovasi terbaik dalam rekaman Spotify karena mengklaim pengguna 145 persen lebih mungkin untuk melanjutkan streaming, berbagi, dan menambahkan lagu yang berisi loop canvas ke daftar putar. Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut kapan pengguna Spotify di Amerika dapat melihat umpan loop canvas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement