Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Environmental Working Group Bocorkan Sayur-Buah yang Paling Tinggi Kandungan Pestisidanya

Senin 11 Apr 2022 15:10 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Tanaman bayam. Environmental Working Group mengungkap bayam dan stroberi paling tinggi kandungan pestisidanya dari sayuran dan buah yang diuji di Amerika Serikat.

Tanaman bayam. Environmental Working Group mengungkap bayam dan stroberi paling tinggi kandungan pestisidanya dari sayuran dan buah yang diuji di Amerika Serikat.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Environmental Working Group merilis daftar sayur-buah tertinggi kadar pestisidanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The Environmental Working Group belum lama ini merilis 2022 Shopper’s Guide to Pesticides in Produce. Laporan tersebut memuat gambaran substansial tentang tingkat kandungan pestisida dalam sayuran dan buah.

Di daftar teratas, secara berurutan ada stroberi dan bayam. Berikutnya, kangkung, dan sawi. Lalu, ada buah nektarin, apel, anggur, paprika, ceri, buah persik, pir, seledri, dan tomat.

Baca Juga

Sejak 2004, Environmental Working Group membuat laporan yang menggunakan data dari Departemen Pertanian AS untuk mengurutkan 46 sayur dan buah yang diuji setelah dicuci, dikupas, atau digosok sesuai keinginan konsumen. Daftar tersebut merupakan makanan yang paling banyak dan paling sedikit terkontaminasi.

Lalu, banyak dari kategori, sebelumnya sejumlah sayuran dan buah dinyatakan positif menggunakan berbagai pestisida, termasuk insektisida dan fungisida. Misalnya, ditemukan bahwa lebih dari 90 persen sampel stroberi, apel, ceri, bayam, nektarin, dan anggur diuji positif mengandung residu lebih dari satu pestisida.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA