Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

BMH Gandeng Chef Haryo Latih Juru Masak Penyedia Buka Puasa Gratis di Jabodetabek

Senin 11 Apr 2022 14:43 WIB

Red: Irwan Kelana

Chef Haryo melatih para  juru masak mustahik binaan BMH yang menyediakakan makanan buka puasa gratis di Jabodetabek, Jumat (8/4).

Chef Haryo melatih para juru masak mustahik binaan BMH yang menyediakakan makanan buka puasa gratis di Jabodetabek, Jumat (8/4).

Foto: Dok BMH
Peserta pelatihan 11 “Emak Chef” (mustahik  binaan) BMH.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) bekerjasama dengan Chef Haryo dan  Tim, memberikan pelatihan menjadi juru masak profesional kepada 11 orang "Emak Chef" (mustahik binaan) yang akan menjadi juru masak di dapur-dapur layanan buka puasa gratis yang BMH hadirkan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Kegiatan ini berlangsung selama satu  hari penuh, di Pesantren Hidayatullah Putri, Pondok Rajeg, Bogor, Jawa Barat, Jumat  (8/4).

Direktur Program dan Pemberdayaan BMH, Zainal Abidin mengatakan, Pelatihan Juru Masak "Emak Chef" ini dilakukan untuk membekali para ibu mustahik yang akan menjadi mitra BMH dalam penyediaan menu Buka Puasa Gratis selama bulan Ramadhan.

"Harapannya, sajian menu buka puasa yang akan disediakan nanti memiliki cita rasa layaknya menu resto, meski diolah di dapur- dapur sederhana mereka. Di sisi lain ada peningkatan skill bagi mustahik sehingga bisa lebih semangat dalam mengembangkan skill-nya dengan usaha yang lebih baik ke depan," ungkap Zainal Abidin dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

“Namun, spirit utamanya adalah menyediakan layanan buka puasa gratis dengan konsep pemberdayaan,” tuturnya lagi, di sela acara.

"Kita bisa merekomendasikan tetangga, kerabat atau siapa saja yang dianggap membutuhkan di radius 3 KM dari titik-titik layanan Emak Chef yang ada dengan menghubungi Call Center yang disediakan," jelas Zainal yang juga Pengurus Pusat Forum Zakat (FOZ).

Tini (55 thn), salah seorang peserta pelatihan asal Kalimulya, Depok mengaku sangat senang dilibatkan sebagai juru masak dalam program penyediaan Buka Puasa gratis yang diinisiasi oleh BMH ini.

"Saya bisa belajar masak langsung dari Chef, bisa ikut membantu penyediaan buka puasa gratis, dan tentu saja memiliki tambahan penghasilan di bulan Ramadhan ini," ungkap ibu paruh baya itu. 

Dengan spirit Berbagi Kebaikan Dengan Zakat, BMH menghadirkan beragam program layanan keummatan selama bulan Ramadhan. 

Selain layanan buka puasa bersama Emak Chef, di awal Ramadhan, BMH juga telah membantu pemenuhan logistik buka puasa dan sahur kepada 150 pesantren binaannya, yg tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Menariknya, layanan berbagi buka puasa gratis oleh BMH ini bisa diakses oleh siapa saja melalui Call Center Program untuk melayani mustahik pada radius 3 KM dari titik-titik lokasi Dapur Emak Chef yang telah tersedia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA