200 Orang Hadiri Jamuan Iftar Lintas Agama di Illinois

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ani Nursalikah

Senin 11 Apr 2022 12:13 WIB

Warga Muslim dan pengunjung Islamic Center of Wheaton di kota Wheaton, salah satu bagian Illinois, AS berkumpul bersama menyambut iftar atau berbuka puasa sekaligus menikmati santap malam dalam kebersamaan. 200 Orang Hadiri Jamuan Iftar Lintas Agama di Illinois Foto: ABNA 24 Warga Muslim dan pengunjung Islamic Center of Wheaton di kota Wheaton, salah satu bagian Illinois, AS berkumpul bersama menyambut iftar atau berbuka puasa sekaligus menikmati santap malam dalam kebersamaan. 200 Orang Hadiri Jamuan Iftar Lintas Agama di Illinois

REPUBLIKA.CO.ID, WHEATON -- Warga Muslim dan pengunjung Islamic Center of Wheaton di kota Wheaton, salah satu bagian Illinois, AS berkumpul bersama menyambut iftar atau berbuka puasa sekaligus menikmati santap malam dalam kebersamaan. Setidaknya 200-an warga Wheaton ikut hadir dalam jamuan makan malam lintas agama tahunan pada Kamis, 7 April 2022.

Acara tersebut mendapatkan respons baik dari banyak kalangan komunitas non-Muslim yang tinggal bertetangga dengan masjid dan keluarga komunitas Muslim. Acara ini diselenggarakan untuk memupuk hubungan yang kuat dengan tetangga dan komunitas lintas agama di wilayah Chicago.

Baca Juga

Kehadiran lebih dari 200 orang itu, termasuk diantaranya para pejabat negara bagian dan kota tersebut. Kemudian turut serta orang-orang dari berbagai agama dan latar belakang menghadiri makan malam Ramadhan tahunan, yang juga menampilkan ragam pernyataan sambutan dan pidato.

Acara digelar di aula tempat berkumpul yang dihias apik. Acara dipandu oleh tokoh Muslim Haaris Uddin. Dia menyambut semua tamu di Islamic Center of Wheaton untuk berbuka puasa bersama umat Islam. Dia juga menyoroti tentang bulan Suci Ramadhan, yang merupakan bulan terpenting dalam kalender Islam.

"Selama bulan Ramadhan, semua Muslim dewasa diharuskan menahan diri dari makanan, air, dan keintiman dari matahari terbit hingga terbenam selama 29 hingga 30 hari," kata Uddin, dilansir di ABNA 24, Ahad (10/4/2022).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Imam Ibrahim Dardasawi, dari Imam Islamic Center of Wheaton, dilanjutkan dengan terjemahan oleh Hafsa Uddin. Pidato selamat datang dilakukan oleh Presiden Pusat tersebut Abraham Antar.

"Hari ini, kami mengundang tetangga dan pemimpin lintas agama untuk datang berbagi tentang perbedaan agama dan budaya," kata Antar.

Tema acara berbuka dan santap malam kali ini adalah "Kesulitan akan sirna dengan datang kemudahan," berdasarkan sebuah ayat dari Alquran. Penyelenggara acara mengatakan itu sambutan masyarakat melebihi ekpektasi semua panitia dan merupakan kesuksesan yang luar biasa.

Tamu utama dari acara tersebut adalah Wali Kota Wheaton Phil Suess dan pendeta Gereja Holy Cross Lutheran Amy Aimonette. Acara tersebut juga menampilkan Shaikh Omer Haqqani, wakil presiden dan ketua Komite Penjangkauan yang merupakan penyelenggara utama acara sekaligus dewan direksi Islamic Center disana.

“Kami, Islamic Center of Wheaton, melanjutkan tradisi makan malam komunitas tahunan di bulan Ramadhan setelah istirahat dua tahun karena pandemi,” kata Haqqani.

Beberapa tokoh masyarakat dan politisi terkemuka seperti mantan letnan gubernur, Evelyn Sanguinetti, antara lain juga hadir dalam acara tersebut. Acara diakhiri dengan berdoa bersama sambil menyambut waktu berbuka puasa. Islamic Center of Wheaton berjanji untuk mengadakan lebih banyak acara seperti ini di musim panas dan sepanjang tahun.