Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Puluhan Pelajar SMA-SMK Diamankan Saat akan Ikut Demonstrasi 11 April di Monas

Senin 11 Apr 2022 11:44 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Agus raharjo

Pelajar yang mengaku anak SMA-STM diamankan pihak kepolisian di kawasan Monas dan Parkir IRTI, Senin (11/4).

Pelajar yang mengaku anak SMA-STM diamankan pihak kepolisian di kawasan Monas dan Parkir IRTI, Senin (11/4).

Foto: Republika/Zainur Mahsir Ramadhan
Hingga pukul 10.58 WIB belum tampak massa mahasiswa yang akan melakukan demonstrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Puluhan pelajar SMA-SMK dari Kutabumi, Tangerang dan sekitarnya diamankan pihak kepolisian di kawasan Monas dan Parkir IRTI, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022). Para pelajar yang diamankan di dua lokasi tersebut, mengaku datang ke kawasan Monas untuk ikut unjuk rasa dan menonton massa.

“(Pelajar) SMA, dari Kutabumi,” kata salah satu anak yang diamankan pihak kepolisian di Monas, Senin (11/4/2022).

Baca Juga

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di lokasi, puluhan anak yang datang tersebut memakai pakaian bebas dan tas ransel. Berdasarkan pengakuan mereka ke pihak kepolisian, beberapa anak mengatakan hanya berniat untuk bermain ke Jakarta.

Namun demikian, ada juga di antara rombongan para pelajar itu yang mengaku ingin ikut demonstrasi. “Iya. ikut Demonstrasi,” kata salah satu pelajar yang ikut menimpali pertanyaan wartawan.

Berdasarkan pantauan, di sekitar Patung Kuda, di berbagai jalan yang mengitarinya terpantau normal. Beberapa massa yang mengatasnamakan beberapa pihak selain mahasiswa memang terlihat sudah ada. Tetapi, hingga pukul 10.58 WIB belum nampak kumpulan mahasiswa yang akan melakukan demonstrasi.

Di beberapa titik, kendaraan aparat juga terlihat bersiaga. Beberapa massa yang tak diketahui asalnya, juga sempat terlihat diamankan pihak kepolisian di sekitar parkir IRTI.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo, pihaknya juga memperkirakan dua titik kerumunan massa. Pertama di Istana Negara dan DPR. “Tapi untuk ke Istana kita tahan di sini (Patung Kuda),” kata Sambodo di lokasi, Senin.

Dia memperkirakan, massa akan mulai datang jelang siang ini. Menurutnya, setelah melakukan titik kumpul, para mahasiswa akan bergerak ke Patung Kuda maupun MPR-DPR.

“Ada beberapa titik kumpul yang sudah kita perkirakan. Nanti kita akan siapkan juga pengawalan kalau memang mereka bersedia untuk dikawal kita akan dikawal,” tuturnya.

Baca juga : Khawatir Anak Ikut Demo, Orang Tua Diimbau Antar dan Jemput Anak Sekolah Hari Ini

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA