Senin 11 Apr 2022 09:40 WIB

PMI Pamekasan Buka Posko Donor Darah Malam Hari Selama Ramadhan

Posko donor darah Ramadhan dibuka setelah sholat tarawih.

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) merapikan kantong darah. PMI Pamekasan Buka Posko Donor Darah Malam Hari Selama Ramadhan
Foto: Prayogi/Republika.
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) merapikan kantong darah. PMI Pamekasan Buka Posko Donor Darah Malam Hari Selama Ramadhan

IHRAM.CO.ID, PAMEKASAN -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, membuka posko donor darah pada malam hari selama Ramadhan. Langkah ini sebagai upaya menyiasati kegiatan donor bagi umat Islam yang berpuasa pada siang hari.

Ketua PMI Pamekasan Sigit Priyono menjelaskan, biasanya, saat Ramadhan, persediaan darah berkurang karena para pendonor melaksanakan ibadah puasa. "Karena itu, kami siasati dengan tetap membuka kegiatan donor pada malam hari," katanya, Ahad malam (10/4/2022).

Baca Juga

Posko donor darah Ramadhan ini dibuka di area Monumen Arek Lancor Pamekasan setelah selesai sholat tarawih, yakni sekitar pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. "Kegiatan yang kami beri nama 'Safari Ramadhan Penyelamat/Rahmat' ini nantinya akan menjadi agenda tahunan untuk menjaga ketersediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Pamekasan," katanya.

Sigit juga bermaksud memfasilitasi masyarakat yang ingin beramal di bulan Ramadhan dengan cara donor darah. "Alhamdulillah, berkat adanya kegiatan donor darah di malam hari, kini persediaan darah di UTD PMI Pamekasan cukup," katanya.

 

Saat ini, stok darah untuk golongan A tersedia sebanyak 45 kantong, golongan darah B sebanyak 48 kantong, AB sebanyak delapan kantong, dan golongan darah O tersedia sebanyak 75 kantong. Kegiatan donor darah selama Ramadhan itu bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Forum Relawan Penanggulangan Bencana, serta pegiat Palang Merah Remaja (PMR) Pamekasan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement