Senin 11 Apr 2022 01:02 WIB

Korlantas Prediksi Jumlah Pemudik Idulfitri 2022 Capai 85 Juta Orang

Dari angka prediksi tersebut, 47 persen bakal menggunakan akses jalan darat.

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, Polri memprediksi sebanyak 85 juta orang bakal ambil bagian dalam rutinitas tahunan mudik liburan Idulfitri 2022.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Ilustrasi. Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, Polri memprediksi sebanyak 85 juta orang bakal ambil bagian dalam rutinitas tahunan mudik liburan Idulfitri 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi sebanyak 85 juta orang bakal ambil bagian dalam rutinitas tahunan mudik liburan Idulfitri 2022. Dari angka prediksi tersebut, sebanyak 47 persen bakal menggunakan akses jalan darat.

“Tentu saja ini (85 juta) bukan kecil dan ini (kegiatan mudik) akan berhasil dengan situasi yang aman, dan kondusif jika masyarakat bersama-sama dengan petugas dapat saling membantu untuk mengkomunikasikan hal-hal yang menjadi penghambat,” ujar Kepala Korlantas Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Ahad (10/4/2022). 

Baca Juga

Firman mengatakan, tim dari Korlantas mengadakan rapat koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mempersiapkan pengamanan, dan fasilitas mudik Lebaran 2022 pada Ahad kemarin. Dari rapat koordinasi tersebut, dia mengatakan, jalur darat masih menjadi prioritas pengamanan, dan pelayanan selama arus mudik dan arus balik. 

Dari koordinasi tersebut, dia mengatakan, belum ada penempatan angka pasti untuk jumlah personel pengamanan, dan pelayanan. Sebab, dia mengatakan, pematangan tentang pola pengamanan, dan inventarisir persoalan persiapan mudik baru akan dilakukan dalam pekan ini. 

“Kami akan mengeluarkan pengumuman resmi mudah-mudahan dalam pekan ini,” ujar dia.

Namun, dia mengatakan, Korps Lalu Lintas sudah memiliki rencana pedoman internal, dan informasi untuk dapat membantu masyarakat yang melakukan aktivitas mudik. Pedoman itu sebagai panduan tentang kapan waktu yang tepat untuk melakukan mudik, kapan dan di mana para pemudik untuk dapat beristirahat, serta jalur-jalur alternatif yang dapat membantu mengurai populasi kendaraan di jalur pulang kampung. 

“Jadi ini sedang dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, terutama untuk pengguna jalur darat,” kata dia.

Idulfitri 2022 diperkirakan jatuh pada Senin (2/5/2022) dan Selasa (3/5/2022). Pemerintah juga sudah mengumumkan jadwal cuti bersama lebaran tahun ini, yakni pada 29 April 2022, 4 sampai 6 Mei 2022. Total ada sepuluh hari libur Idul Fitri 2022 dengan tambahan libur akhir pekan pada 30 April 2022, serta 1, 7, dan 8 Mei 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement