Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Survei: Prabowo dan Ganjar Unggul Sementara Sandiaga Uno Salip Anies  

Ahad 10 Apr 2022 21:43 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Pemilu 2024. Survei Capres 2024 memunculkan lima kuat nama calon presiden

Ilustrasi Pemilu 2024. Survei Capres 2024 memunculkan lima kuat nama calon presiden

Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Survei Capres 2024 memunculkan lima kuat nama calon presiden

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA—  Paparan hasil survei nasional bertajuk '5 Capres Pilihan Publik 2024' pada Ahad (10/4/2022) diperoleh lima kandidat tertinggi Calon Presiden (Capres) 2024. 

Kelima kandidat tersebut antara lain, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno. Selanjutnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Baca Juga

Peneliti Senior Point Indonesia, Dr Usmar, mengatakan dalam survey dengan menggunakan metode multistage random sampling terhadap 1.916 responden di seluruh Indonesia dengan margin of error sebesar 2,24 persen itu, terungkap Prabowo Subianto menjadi Capres 2024 terpopuler dengan peroleh 28 persen diikuti Ganjar Pranowo dengan perolehan sebesar 24,1 persen. 

Sedangkan Sandiaga Uno berada diurutan ketiga dengan perolehan 21,7 persen, Anies Baswedan sebesar 10,3 persen dan Ridwan Kamil 7,2 persen. 

Tidak hanya popularitas Capres 2024, Dr Usmar mengungkapkan terdapat sejumlah isu dikaji dalam survei nasional.  Di antaranya lapangan kerja dan pengangguran, kenaikan harga kebutuhan pokok serta pertumbuhan ekonomi.  

"Sudah bukan rahasia bahwa fokus pertumbuhan ekonomi menjadi isu sentral dan berkaitan dengan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19," ungkap Dekan Fakultas Ekonomi Universitas, Prof Dr Moestopo (Beragama) itu dalam siaran tertulis pada Ahad (10/4/2022). 

"Selain itu, publik memiliki kata kunci khusus dalam melihat permasalahan ekonomi hari ini mulai dari lapangan kerja dan pengangguran, kenaikan harga kebutuhan pokok dalam hal ini harga minyak goreng, kenaikan harga BBM, hingga rencana kenaikan harga pertalite juga gas LPG 3 kilogram," jelasnya. 

Lebih lanjut dipaparkannya, publik menginginkan pemimpin yang memiliki perhatian pada ketiga isu di atas. Sandiaga Uno pun muncul sebagai tokoh yang dinilai mampu untuk menjawab tantangan itu.  

Usmar menyatakan merujuk pada hasil Survei Nasional 5 Capres Pilihan Publik, Sandiaga Uno masih menjadi tokoh yang berkomitmen penuh pada pemulihan ekonomi, salah satunya memanfaatkan kebijakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai katalis pemulihan ekonomi nasional. 

"Selain itu, salah satu poin kuat Sandiaga Uno ialah karena pengalaman beliau sebagai pengusaha. Sandiaga Uno memiliki positioning lebih dalam isu-isu ekonomi karna perannya dalam menciptakan kebijakan yang pro-entreprenership, hingga membuka lapangan pekerjaan,” ujar Usmar.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA