Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tuko Chaeron

Taroweh dan Silaturahim (Tarhim) Pemimpin Menjadi Pelita dan Penyejuk bagi Umat

Agama | Saturday, 09 Apr 2022, 23:25 WIB

Dua tahun sudah masyarakat merindukan kehadiran pemimpin ditengah-tengah mereka. Kerinduan itu disebabkan masa pandemi yang memutus suasana keakraban dan kedekatan seluruh elemen masyarakat, mulai dari keluarga, tetangga, dan lingkungan sosial baik lingkungan pendidikan, hubungan peribadatan mapun kontak sosial lainnya, karena hubungan menjadi terbatas dan dibatasi. Aspek hubungan kemasyarakatan benar- benar menjadi terasa jauh dan canggung.

Bulan Ramadhan 1443 H ini menjadi pembuka sekaligus pengobat rindu hubungan sosial kemasyarakatan dari seluruh elemen umat. Meskipun masih tetap menjaga protokol kesehatan, sekat – sekat pembatas yang selama dua Ramadhan tahun tahun sebelumnya, kini mulai terbuka. Ada mutiara yang hilang kini mulai muncul kembali. Kesempatan ini tak disia-siakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang yang melangkah melakukan kegiatan tarhim Ramadhan tahun ini ke beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Pemalang guna mendulang kembali hubungan kedekatan dan persaudaraan keluarga besar masyarakat Kabupaten Pemalang.

Hal ini bisa dilhat dalam kegiatan tarhim Bupati dan Wakil Bupati Pemalang di Kecamatan Moga, Sabtu 9 April 2022. Gegap gempita antusias masyarakat mulai dari pejabat, ulama, tokoh masyarakat, dan warga biasa menyatu menyambut kedatangan pemimpin mereka.

Mansur Hidayat Wakil Bupati Pemalang yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan pesan tertulis Bupati Mukti Agung Wibowo , “ Selaku Bupati Pemalang saya menyampaikan marhaban ya ramadhan, marhaban syahru shiyam, dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh masyarakat Kabupaten pemalang. Melalui safari ramadhan dengan taroweh dan silaturahim ini saya berharap momen kebersamaan yang tak terlupakan ini, mampu mempererat kedekatan dan persaudaraan keluarga besar warga Kabupaten Pemalang”.

Lebih lanjut Mansur Hidayat menyampaikan seraya mengutip bacaan Alquran surat al ahzab ayat 70 dan 71 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًاۙ

يُّصْلِحْ لَكُمْ اَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْۗ وَمَنْ يُّطِعِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا

“ Marilah kita harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, dengan selalu berkata baik, beramal solih, saling tolong menolong , saling memberi dan membantu antar sesama anggota masyarakat, lebih lebih dimomen ramadhan sekarang ini semoga Allah memberi kemenangan pada kita semua” Mansur Hidayat juga menekankan agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan, serta berdoa agar corona segera berakhir dan hilang dari Kabupaten Pemalang.

Masyarakat serasa menemukan pelita dan kesejukan dengan kehadiran pemimpin mereka, lebih-lebih dalam kegiatan tersebut juga diserahkan bantuan kepada beberapa warga baik pribadi maupun mewakili lembaga masing-masing.

Ikut mendampingi safari tarhim ramadhan Bupati dan Wakil Bupati , sejumlah pejabat Pemda Kabupaten Pemalang , mulai dari Kepala Dinas , Polres, Kodim,Kemenag, sampai Camat,Kapolsek serta Danramil menyatu dengan warga masyarakat membangun keakraban dan persaudaraan umat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image